Pengertian Teks Cerita Sejarah, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 08:30 WIB
Teks cerita sejarah digunakan untuk menyampaikan informasi sejarah secara lebih hidup dan menarik. Foto/SINDONews.
JAKARTA - Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah.

Teks cerita sejarah digunakan untuk menyampaikan informasi sejarah secara lebih hidup dan menarik, biasanya dengan mengeksplorasi peristiwa-peristiwa, tokoh-tokoh, dan konteks historis yang relevan.

Cerita sejarah dapat berfokus pada peristiwa besar, perubahan signifikan, atau kisah-kisah kehidupan sehari-hari dalam konteks sejarah. Tujuan utama teks cerita sejarah adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu dan menghubungkannya dengan pengalaman dan pengetahuan pembaca.

Ciri-ciri Teks Cerita Sejarah

1. Disajikan Secara Kronologis



Teks cerita sejarah memiliki struktur naratif, di mana peristiwa-peristiwa disusun dalam urutan waktu atau kronologis untuk menciptakan cerita yang menyatu. Susunan secara kronologis digunakan untuk membantu menciptakan sebuah cerita lebih mengalir dan dapat dipahami oleh pembaca.

2. Bentuk Teks Cerita Ulang



Teks cerita sejarah memberikan penjelasan tentang konteks sejarah, termasuk latar belakang politik, sosial, budaya, dan ekonomi pada masa yang terjadi di peristiwa tersebut. Cerita ulang ini digunakan untuk membantu pembaca memahami lebih dalam cerita yang terjadi.

3. Sering Menggunakan Konjungsi Temporal

Baca juga: 10 Contoh Teks Inspiratif yang Menarik untuk Dibaca



Teks cerita sejarah menggunakan konjungsi temporal atau kata hubung untuk menghubungkan peristiwa satu dengan peristiwa lainnya. Konjungsi temporal merupakan kata hubung yang menjelaskan hubungan waktu antara dua hal/peristiwa yang berbeda.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More