Cetak SDM Unggul, SMK Pusat Keunggulan akan Ditingkatkan

Jum'at, 15 Desember 2023 - 20:37 WIB
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim. Foto/BKHM.
JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim , mengatakan salah satu kunci pendidikan vokasi adalah pembelajar yang terintegrasi dengan industri untuk meningkatkan kualitas lulusan. Saat ini lebih dari 35 persen anak SMK di Indonesia kini sudah masuk SMK Pusat Keunggulan.

Nadiem menjelaskan, jumlah tersebut hanya diraih dalam kurun waktu tiga tahun. Nadiem berjanji program tersebut akan terus ditingkatkan sehingga diharapkan pada 2024 mendatang separuh dari siswa di Indonesia dapat merasakan dampak SMK Pusat Keunggulan dalam mengembangkan talenta mereka dan meningkatkan daya saing Indonesia.

Baca juga: Transformasi Pendidikan Vokasi Dukung Daya Saing Industri



"Pendidikan vokasi memiliki dampak tercepat dalam membangun SDM unggul. Anak-anak muda yang keluar dari pendidikan vokasi ini langsung terjun ke lapangan kerja sehingga dampaknya langsung dapat dirasakan," katanya melalui siaran pers, Jumat (15/12/2023).

Hal ini disampaikan pada Vokasifest x Festival Kampus Merdeka. Dalam beberapa tahun terakhir, lanjut Nadiem, Kemendikburistek terus melakukukan transformasi sistem pendidikan, termasuk pendidikan vokasi agar lebih terbuka dan inovatif guna menyiapkan generasi unggul dan inovatif.

Sistem pendidikan yang lebih terbuka juga dilakukan agar pendidikan menjadi lebih terintegrasi dan multidisiplin serta menghadirkan lingkungan yang aman dan nyaman.

Baca juga: Pendidikan Vokasi Arahkan Siswanya Siap Hadapi Masa Depan



Sementara itu, Fadilah Amalia, siswa SMK Negeri 1 Jakarta bidang teknik perancangan dan gambar mesin mengatakan dampak nyata dari program SMK Pusat Keunggulan dalam meningkatkan kompetensi para siswanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More