10 PTN dan PTS Tertua di Indonesia, Kampusmu Urutan Berapa?

Rabu, 20 Desember 2023 - 09:45 WIB
UII menjadi salah satu daftar PTN dan PTS Tertua di Indonesia yang berdiri sejak 1945. Foto/UII.
JAKARTA - Berikut ini 10 PTN dan PTS yang tertua di Indonesia. Indonesia memiliki ribuan perguruan tinggi dan beberapa sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Indonesia saat ini memiliki 4.004 perguruan tinggi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Jumlah tersebut meningkat 0,73 perssen dibanding tahun sebelumnya yang sebanyak 3,975 perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Tanah Air sebanyak 184 unit pada 2022. Sementara jumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mencapai 3.820 kampus.

Berbicara mengenai perguruan tinggi, dimana perguruan tinggi yang pertama didirikan di Indonesia? Dikutip dari laman Aku Pintar berikut ini 10 PTN dan PTS tertua di Indonesia.

Baca juga: SNBP 2024, Ini 11 PTN Luar Pulau Jawa Penerima Calon Mahasiswa Terbanyak di 2023

10 PTN dan PTS Tertua di Indonesia

1. Universitas Islam Indonesia (UII)



UII adalah universitas Islam tertua di Indonesia. Pada awal berdirinya, 8 Juli 1945, kampus swasta ini merupakan sebuah sekolah tinggi (Sekolah Tinggi Islam).

Kemudian pada 3 November 1947, dua tahun setelah proklamasi kemerdekaan, PTS yang berada di Bandung, Jawa Barat ini berdiri sebagai sebuah kampus swasta tertua di Indonesia.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)



UGM didirikan pemerintah Indonesia pada 19 Desember 1949. Menyandang status sebagai kampus negeri tertua di Tanah Air, UGM mengawali kiprahnya di dunia pendidikan tinggi dengan membuka enam fakultas. Kini, PTn yang dipimpin Rektor Prof Ova Emilia ini telah memiliki 18 fakultas.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More