20 Jurusan IPA Sepi Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Menjanjikan

Senin, 08 Januari 2024 - 13:44 WIB
Jurusan geofisika menjadi salah satu jurusan IPA atau saintek yang sepi peminat tetapi memiliki peluang kerja menjanjikan. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 20 jurusan IPA yang jarang diminati tapi memiliki prospek kerja menjanjikan. Dari berbagai macam jurusan kuliah, ilmu sains dan teknologi (Saintek) atau jurusan kuliah IPA menjadi jurusan yang banyak diminati di perguruan tinggi.

Tak heran kalau persaingannya cukup ketat setiap tahunnya. Namun, di antara jurusan-jurusan IPA atau Saintek ternyata ada juga jurusan IPA yang sepi peminat, tapi peluang kerjanya besar. Apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

20 Jurusan IPA Sepi Peminat Tapi Punya Peluang Kerja Menjanjikan



1. Geofisika

Jurusan ini mempelajari fenomena fisika di dalam dan di sekitar Bumi, seperti gempa bumi dan medan magnet. Lulusan geofisika dapat bekerja dalam eksplorasi energi, penelitian bencana alam, dan industri geoteknik.

2. Meteorologi dan Klimatologi



Saat ini, konteks perubahan iklim semakin penting, lulusan meteorologi dan klimatologi dapat berkontribusi pada pemahaman dan mitigasi dampak perubahan iklim.

3. Teknik Geologi



Memadukan ilmu geologi dengan teknik, lulusan ini dapat terlibat dalam penelitian eksplorasi mineral, konstruksi bendungan, dan mitigasi bencana geologi.

4. Biokimia



Jurusan ini mengkaji interaksi antara biologi dan kimia pada tingkat molekuler. Lulusan biokimia dapat mengejar karier di bidang riset, pengembangan obat, dan industri pangan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More