Mau Jadi Pembicara Hebat? Ini 6 Trik Ampuh Jago Public Speaking untuk Pemula

Sabtu, 13 Januari 2024 - 12:20 WIB
Di era modern saat ini di mana proses interaksi dan komunikasi berjalan mobile, maka kemampuan public speaking bisa dikatakan bisa memegang kunci seseorang dalam membangun jaringan. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 6 trik ampuh jago public speaking untuk pemula yang perlu dipelajari dan dipraktikkan. Berbicara di depan umum merupakan suatu keahlian yang wajib dimiliki di zaman sekarang. Namun ada banyak orang yang memiliki persoalan ketika harus berbicara di depan banyak orang.

Di era modern saat ini di mana proses interaksi dan komunikasi berjalan mobile, maka kemampuan public speaking bisa dikatakan bisa memegang kunci seseorang dalam membangun jaringan. Dilansir dari Magnetic Speaking, artikel kali ini akan membahas 6 trik penting untuk pemula agar memiliki keahlian public speaking hebat, simak ulasannya ya!

6 Trik Ampuh Jago Public Speaking untuk Pemula



1. Tunjukkan Rasa Percaya Diri



Untuk dapat menjadi public speaker yang baik, hal utama yang perlu kamu miliki adalah rasa percaya akan kemampuan diri sendiri. Karena ternyata, ini bukan tentang apa yang kamu katakan, tapi bagaimana cara kamu mengatakannya.

Mengapa seorang pembicara harus percaya diri? Karena saat seseorang berbicara di depan umum dengan percaya diri, maka audiens akan memandangnya kompeten, kredibel, cerdas, berpengetahuan luas, dan tentunya dapat dipercayai daripada seorang pembicara yang tidak yakin pada dirinya sendiri.

2. Melatih Nada Bicara yang Tegas



Cara terbaik agar terdengar lebih tegas saat berbicara di depan umum adalah dengan memerhatikan nada bicaramu. Maksudnya adalah dengan menyadari kapan perlu memasukkan intonasi-intonasi tertentu terhadap apa yang kamu ucapkan.



Intonasi dalam public speaking memiliki pengaruh yang besar. Jadi, lakukanlah latihan membaca dan berbicara dengan nada deklaratif yang nantinya akan melatih pula otot-otot vokal. Tegas tidak berarti terdengar marah atau agresif, akan tetapi ketegasan adalah mengomunikasikan kepastian.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More