Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Ini 6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN

Kamis, 01 Februari 2024 - 10:26 WIB
Salah satu perbedaan antara SNBP dan SPAN PTKIN adalah penyelenggaranya. Jika SNBP oleh Kemendikbudristek, SPAN PTKIN penyelenggaranya oleh Kementerian Agama.Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini 6 perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN yang perlu diketahui calon mahasiswa. Kamu calon mahasiswa yang akan mendaftar di 2024? Ada sejumlah informasi dasar yang perlu kamu ketahui. Salah satunya jenis seleksi masuk di perguruan tinggi.

Seleksi masuk universitas atau perguruan tinggi negeri banyak macamnya, salah satunya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).Selain SNBP, ternyata ada jalur masuk lain untuk ke perguruan tinggi yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islaman Negeri (PTKIN).

Lalu apa sajakah perbedaannya dengan SNBP? Untuk menjawabnya, artikel kali ini mengutip akun Instagram @masukptn, akan mengulas perbedaan keduanya, simak yuk!

6 Perbedaan SNBP dan SPAN PTKIN



1. Persyaratan



Baik SNBP maupun SPAN PTKIN, keduanya memiliki persamaan dalam membuat akun. Hanya saja, berada di laman atau situs yang berbeda.

Di SNBP, wajib membuat akun SNPMB siswa, SNPMB sekolah, dan PDSS nilai siswa diisi di situs atau website pdss-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Sedangkan untuk SPAN PTKIN, membuat akun SPAN PTKIN siswa dan PDSS nilai siswa diisi pada laman pdss.span-ptkin.ac.id.

2. Penyelenggara



SNBP atau Seleksi Nasional Berbasis Prestasi memiliki penyelenggara yang berbeda dengan SPAN PTKIN. SNBP diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, atau Kemendikbudristek. Sedangkan SPAN PTKIN diselenggarakan oleh Kementerian Agama atau yang sering disebut Kemenag.

3. Prodi dan Kampus

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More