Bingung Studi di Pendidikan Tinggi? Simak 4 Kelebihan Politeknik daripada Universitas Berikut Ini

Rabu, 28 Februari 2024 - 13:18 WIB
Salah satu kelebihan politeknik dibanding universitas adalah banyak praktik daripada teori karena politeknik merupakan pendidikan vokasi. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini 4 kelebihan politeknik dibanding universitas yang perlu diketahui calon mahasiswa. Saat ini jenjang pendidikan tinggi di Indonesia beragam jenisnya mulai dari universitas, politeknik, sekolah tinggi, hingga akademi.

Dari sejumlah jenjang itu, universitas dan politeknik paling banyak diminati. Apa kelebihan dan kekurangan keduanya? Artikel kali ini secara khusus akan membahasnya, simak ya!

4 Kelebihan Politeknik daripada Universitas



1. Ilmu lebih spesifik



Jika kamu pilih politeknik, maka di politeknik menawarkan disiplin ilmu lebih spesifik. Maka calon mahasiswa bisa pilih jurusan sesuai passion atau minat yang dimiliki dan langsung mempelajarinya secara lebih mendalam.

Politeknik sebenarnya menyerupai SMK namun pada tingkat pendidikan lebih tinggi. Artinya, ketika para mahasiswa menempuh pendidikan di sana, mereka akan diberikan ilmu yang langsung berkaitan dengan pekerjaan pada bidang tersebut.

Contohnya jika kamu minat terhadap bidang teknologi multimedia, maka ada baiknya memilih politeknik yang menawarkan jurusan tersebut dengan lulusan berkualitas terbaik serta handal di bidangnya.

2. Banyak praktik daripada teori



Karena pendidikan vokasi, maka akan lebih banyak praktik dibanding teori. Sebab pendidikan vokasi pada perguruan tinggi ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk siap bekerja.

Di politeknik, kamu akan mendapatkan berbagai ilmu melalui praktik baik di studio, laboratorium, maupun lapangan. Ini sangat cocok bagi kamu yang lebih menyukai praktik langsung daripada banyak belajar teori.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More