Mau Cari Kerja? Ini 7 Tips Melamar Pekerjaan bagi Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Senin, 04 Maret 2024 - 06:25 WIB
Salah satu tips untuk melamar pekerjaan bagi fresh graduate adalah membuat resume atau curriculum vitae (cv) yang menarik dan mencerminkan kemampuan dan prestasi selama masa studi. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 7 tips melamar pekerjaan bagi fresh graduate tanpa pengalaman kerja. Setelah tamat kuliah sarjana, lulusan baru atau fresh graduate tentu ingin segera mendapatkan pekerjaan.

Tidak hanya pekerjaan yang bagus, fresh graduate juga tentu ingin mendapatkan gaji tiap bulan yang layak. Namun jika kamu lulus tanpa pengalaman apapun sebelumnya, tentu akan lebih sulit bagimu untuk mendapatkan pekerjaan. Artikel kali ini akan membagikan tips cara melamar pekerjaan bagi fresh graduate tanpa pengalaman kerja simak ya!

7 Tips Melamar Pekerjaan untuk Fresh Graduate Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja



1. Siap diri mental dan emosional



Pertama, lulusan baru atau fresh graduate perlu mempersiapkan diri secara mental dan emosional untuk menghadapi tantangan dalam dunia kerja. Mereka juga perlu memperbarui dan meningkatkan keterampilan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang diminati. Ini bisa dilakukan melalui pelatihan tambahan, kursus online, atau magang.

2. Siapkan CV yang bagus



Selain itu, fresh graduate juga perlu membuat resume atau curriculum vitae (cv) yang menarik dan mencerminkan kemampuan dan prestasi selama masa studi.

3. Persiapan wawancara kerja



Setelah membuat resume yang menarik, para fresh graduate juga perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi wawancara kerja. Caranya dengan mempelajari tentang perusahaan yang dilamar dan mempersiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan umum yang sering diajukan dalam wawancara. Sehingga ketika muncul pertanyaan "mengapa kami harus menerima anda fresh graduate" dari HRD, kamu dapat menjawabnya dengan baik.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More