Apa Itu Program Kelas Unggulan IUP di PTN dan PTS 2024? Begini Penjelasannya

Sabtu, 09 Maret 2024 - 10:48 WIB
Salah satu PTN yang membuka kelas internasional IUP 2024 adalah Universitas Diponegoro (Undip) yakni di jurusan Ilmu Hukum. Foto/Ist
JAKARTA - Begini penjelasan tentang International Undergraduate Program (IUP) di jalur masuk PTN dan PTS 2024. Seperti diketahui, IUP adalah program kelas internasional yang dibuka perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) dengan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Jalur IUP dapat dipilih calon mahasiswa yang ingin mendaftar di prodi-prodi kelas internasional pada kampus incaran.Untuk info lebih jelasnya apa itu IUP, artikel kali ini akan membahasnya tuntas, simak ya!

Kelebihan IUP



1. Double Degree hingga Transfer Kredit



Sejumlah kelas internasional atau IUP menawarkan program double degree hingga sistem transfer kredit di kampus luar negeri. Untuk melaksanakannya, perguruan tinggi Indonesia bekerja sama dengan institusi mancanegara.

Salah satu PTN yang mengelar program IUP adalah Universitas Diponegoro (Undip) Dikutip dari laman Undip, IUP Ilmu Hukum Undip menyediakan sistem transfer kredit dengan universitas mitra, yaitu Leiden University Belanda dan Flinders University Australia.

Sedangkan IUP Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi Undip menyediakan double degree bersama Curtin University Australia dan Saxion University Belanda dan sistem transfer kredit dengan sejumlah kampus Eropa.

2. Magang di Luar Negeri dan Pertukaran Pelajar



Mahasiswa IUP juga berkesempatan mengalami international exposure lewat praktik kerja atau magang di luar negeri, pertukaran pelajar, hingga konferensi internasional. Mahasiswa IUP Fakultas Hukum Universitas Airlangga (Unair), contohnya, bisa memilih di antara ketiganya, seperti magang di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More