Pekerjaan Aman, 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Sulit Digantikan Robot di Masa Depan

Rabu, 27 Maret 2024 - 12:55 WIB
Jurusan Pendidikan diprediksi menjadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya sulit digantikan robot atau mesin di masa depan. Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar 5 jurusan kuliah yang lulusannya tak akan digantikan robot atau mesin di masa depan. Pesatnya perkembangan teknologi yang melahirkan kecerdasan buatan (AI) membuat banyak profesi manusia digantikan mesin atau robot.

Kondisi itu memicu kekhawatiran, banyak pekerjaan yang saat ini dikerjakan manusia akan tergusur digantikan oleh mesin sehingga memunculkan banyak pengangguran.

Tapi tahukah kamu, ada sejumlah jurusan kuliah yang lulusannnya tak akan digantikan mesin atau robot. Apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Tak Akan Digantikan Robot di Masa Depan



1. Jurusan Pendidikan



Pertama adalah jurusan pendidikan, dimana peran sebagai seorang guru tidak akan bisa digantikan oleh teknologi mesin jenis apapun.Dikarenakan kegiatan mengajar dibutuhkan kemampuan untuk memahami siswa , sehingga jika diganti dengan guru robot pastinya akan kesulitan mengajarkan kemanusiaan khususnya pola pikir manusia.

2. Jurusan Manajemen



Berikutnya ada jurusan manajemen dengan salah satu prospek karirnya adalah menjadi manajer dimana proses ini tidak bisa dengan teknologi AI maupun mesin.

Pasalnya banyak sekali aspek yang harus dikerjakan oleh seorang manajer mulai dari keputusan perusahaan sampai urusan perusahaan yang bersifat dinamis. Oleh karena itu mustahil jika teknologi robot atau AI bisa menggantikan profesi seorang manajer.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More