7 Jurusan yang Lulusannya Berpotensi Sulit Dapat Pekerjaan Menurut Data BPS dan Survei Hotcourse

Kamis, 25 April 2024 - 11:57 WIB
Lulusan jurusan sejarah yang biasanya berada di Fakuktas Ilmu Pengetahuan Budaya dinilai menjadi salah satu jurusan yang lulusannya berpotensi sulit dapat kerja. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini daftar 7 jurusan kuliah yang lulusannya berpotensi sulit mendapat pekerjaan menurut data BPS dan survei Hotcourse. Jurusan kuliah adalah salah satu faktor yang menentukan masa depan. Maka dari itu, diperlukan pertimbangan yang matang agar tidak salah pilih dan berakibat menyesal di kemudian hari.

Berdasarkan data BPS tahun 2022, lulusan universitas memang memiliki tingkat pengangguran yang lebih tinggi ketimbang lulusan akademi atau diploma.

Dari data BPS pada Februari 2022, lulusan universitas yang menganggur sebanyak 884.769 orang. Sementara untuk lulusan akademi dan diploma sebanyak 235.395 orang.

Beberapa program studi di perguruan tinggi memiliki tingkat kesulitan dalam mencari pekerjaan dan berpotensi menghadapi tingkat pengangguran yang tinggi. Mengutip dari Instagram @masukptn, artikel kali ini akan membahas jurusan kuliah yang lulusannya berpotensi tinggi menganggur, simak ya!

7 Jurusan yang Lulusannya Berpotensi Sulit Dapat Pekerjaan Menurut Data BPS dan Survei Hotcourse



1. Produksi Televisi/Radio dan Film



Menurut survei dari Hotcourse Indonesia, jurusan kuliah Produksi Televisi/Radio dan Film memiliki tingkat pengangguran yang tinggi yakni mencapai 52,6 persen. Kemungkinan besar penyebabnya karena pergeseran media dari siaran televisi ke media sosial dan internet yang tengah marak saat ini.

2. Sosiologi



Jurusan sosiologi, yang menekankan pada analisis masyarakat, seringkali sulit bagi lulusannya untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya.

Masalah semakin bertambah dengan meningkatnya jumlah lulusan dalam bidang ini yang melebihi permintaan pasar tenaga kerja.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More