Apakah Lulusan Paket C Bisa Mendaftar Sekolah Kedinasan? Simak Penjelasan Lengkapnya

Rabu, 15 Mei 2024 - 09:17 WIB
Apakah semua lulusan SLTA termasuk Paket C juga bisa mendaftar? Mengingat Paket C merupakan Program Pendidikan Kesetaraan (Paket) yang setara dengan SMA. Foto/YouTube Humas IPDN.
JAKARTA - Sekolah Kedinasan jadi salah satu pilihan favorit bagi lulusan SMA yang hendak melanjutkan pendidikannya, karena memiliki prospek yang sangat bagus di masa depan. Tak heran jika proses seleksi untuk masuk ke sekolah ini terbilang cukup ketat.

Terlepas dari ketatnya persaingan masuk Sekolah Kedinasan, apakah semua lulusan SLTA termasuk Paket C juga bisa mendaftar? Mengingat Paket C merupakan Program Pendidikan Kesetaraan (Paket) yang setara dengan SMA.

Namun, sama halnya seperti lulusan SMK, tidak semua lembaga pendidikan baik itu swasta, negeri, maupun yang dinaungi pemerintah dapat menerima lulusan Paket C. Karena itu lulusan Program Pendidikan Kesetaraan memang terbilang lebih sulit mencari sekolah lanjutan ketimbang lulusan SMA.



Baca juga: Passing Grade, Jumlah Soal, dan Durasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan 2024

Meski begitu, tidak semua lembaga pendidikan ini menolak lulusan Paket C untuk mendaftar. Begitu juga dengan Sekolah Kedinasan, sebab beberapa di antara sekolah yang dinaungi pemerintah ini memperbolehkan lulusan Paket C untuk mendaftar.

Sekolah Kedinasan untuk Lulusan Paket C



Salah satu sekolah kedinasan yang memperbolehkan lulusan Paket C untuk mendaftar adalah Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) di tahun ajaran 2022/2023 lalu.

Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip & Poltekim), Politeknik Statistik STIS, dan Sekolah Kedinasan Kemenhub juga memperbolehkan lulusan Paket C untuk mendaftar.

Baca juga: Apakah Pendaftar Bisa Ganti Pilihan Sekolah Kedinasan 2024? Ini Penjelasannya
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More