8 Faktor yang Memengaruhi Penentuan UKT di PTN, Apa Saja?

Senin, 10 Juni 2024 - 07:00 WIB
Persoalan mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) saat ini masih menjadi perbincangan di tengah masyarakat meski pemerintah sudah membatalkan rencana kenaikan UKT tahun 2024/2025.. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini 8 faktor yang memengaruhi penentuan UKT di PTN .Persoalan mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT) saat ini masih menjadi perbincangan di tengah masyarakat meski pemerintah sudah membatalkan rencana kenaikan UKT tahun 2024/2025..

Terlepas dari itu semua, sebenarnya apa yang menjadi dasar penentuan UKT di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)? Untuk menjawab hal itu, merangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

8 Faktor yang Memengaruhi Penentuan UKT di PTN



1. Penghasilan Orang Tua/Wali



Besaran pendapatan bulanan atau tahunan orang tua atau wali mahasiswa sangat mempengaruhi tingkat UKT. Semakin tinggi penghasilan, biasanya semakin tinggi pula besaran UKT yang dikenakan.

2. Jumlah Tanggungan



Jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungan orang tua juga diperhitungkan. Jika jumlah tanggungan lebih banyak, maka besaran UKT bisa lebih rendah karena penghasilan harus dibagi untuk lebih banyak orang.

3. Jenis Pekerjaan Orang Tua/Wali



Jenis pekerjaan dan status pekerjaan orang tua, seperti pegawai negeri, wiraswasta, buruh, dll., dapat mempengaruhi besaran UKT. Pekerjaan dengan pendapatan tetap dan tinggi cenderung menghasilkan UKT yang lebih tinggi.

4. Kepemilikan Aset

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More