Batalkan Status Tersangka Pegi Setiawan, Ini Jejak Pendidikan Hakim Eman Sulaeman

Senin, 08 Juli 2024 - 13:58 WIB
Hakim Eman Sulaeman (kiri) yang membebaskan Pegi Setiawan (kanan) dari status tersangka pembunuhan Vina Cirebon adalah lulusan Ilmu Hukum Universitas Pasundan (Unpas) Bandung. Foto/Ist
BANDUNG - Ini jejak pendidikan Hakim Eman Sulaeman yang membatalkan kasus tersangka Pegi Setiawan. Hakim Eman Sulaeman membebaskan Pegi Setiawan dari status tersangka pembunuhan Vina Cirebon dalam sidang di Pengadilan Negeri Bandung, Senin (8/7/2024).

Dalam amar putusannya, Eman Sulaeman menyatakan Pegi Setiawan batal jadi tersangka pada kasus Vina Cirebon karena tidak pernah diperiksa jadi calon tersangka.

Keputusan Eman yang membatalkan status tersangka Pegi Setiawan dalam kasus pembunan Vina Cirebon yang akhir-akhir ini banyak menyita perhatian, disebut-sebut sudah sesuai dengan harapan banyak kalangan



Terlepas dari persoalan hukumnya, tentu banyak yang penasaran dengan sosok hakim tunggal Eman Sulaeman yang mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan itu. Artikel kali ini akan membahas riwayat pendidikan Hakim Eman Sulaeman, simak ya!

Riwayat Pendidikan Hakim Eman Sulaeman



Dirangkum dari berbagai sumber, Eman Sulaeman merupakan seorang hakim yang bertugas di PN Bandung sejak 5 Juli 2021 atau selama 3 tahun. Eman menamatkan pendidikan terakhir S1 di jurusan Ilmu Hukum, Universitas Pasundan Bandung pada tahun 1999 dan berhak menyandang gelar Sarjana Hukum (SH). Eman diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Desember 2000.

Eman Sulaeman lahir di Karawang pada 10 April 1975. Hakim berusia 49 tahun itu sudah bekerja sebagai PNS di bawah Mahkamah Agung (MA) selama 24 tahun.

Karier dan Pengalaman



Eman memulai kariernya sebagai hakim di Pengadilan Agama (PA) Sumedang. Pada tahun 2016, ia dilantik menjadi Wakil Ketua PN Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More