Jurusan SMA Dihapus Tidak akan Berpengaruh pada Penerimaan Mahasiswa Baru di ITB

Minggu, 21 Juli 2024 - 10:34 WIB
ITB menyebut penghapusan jurusan di SMA tidak berdampak pada proses penerimaan mahasiswa baru di sana. Foto/Dok.
BANDUNG - Penghapusan jurusan di SMA akan dimulai di seluruh sekolah tahun ini. ITB menyebut penghapusan jurusan tersebut tidak berdampak pada proses penerimaan mahasiswa baru di sana.

"ITB tidak terlalu terpengaruh atas kebijakan tersebut," kata Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat Institut Teknologi Bandung (ITB) Naomi Haswanto saat dikonfirmasi, dikutip Minggu (21/7/2024).

Baca juga: Kemendikbud Hapus Penjurusan IPA, IPS, dan Bahasa, Apa Alasannya?



Naomi mengatakan, universitas negeri yang berada di Bandung, Jawa Barat ini sudah tidak lagi mensyaratkan calon pendaftar harus dari jurusan IPA, IPS ataupun Bahasa untuk masuk ke semua program studi pada proses penerimaan mahasiswa baru sejak tahun ajaran 2022/2023.

"Sudah sejak 2022, penerimaan ITB tidak lagi membuat syarat jurusan IPA, IPS dan Bahasa," ujar Naomi.

Baca juga: Kemendikbud Bakal Hapus Jurusan IPA, IPS, Bahasa di SMA, Ini Alasannya

Sehingga, lanjut Naomi, dengan munculnya kebijakan dari pemerintah ini tidak akan mempengaruhi seleksi penerimaan mahasiswa baru nantinya. "Itu sudah diantisipasi sejak jauh hari," ujarnya.

Walau tidak memakai penjurusan, namun ITB tetap memberikan syarat terhadap calon mahasiswa baru untuk tetap memiliki bekal mata pelajaran lebih sesuai dengan jurusan kuliah yang hendak ditempuh.

"ITB memberikan panduan kepada siswa, jika ingin masuk suatu prodi, sebaiknya telah memiliki bekal ilmu dari mata pelajaran yang sesuai dengan prodi tersebut. Panduan ini sudah ada di laman admission.itb.ac.id dan juga dijelaskan saat open house," katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More