Tugas Akhir Jadi Momok? Ini 5 Kampus yang Mahasiswanya Bisa Lulus Tanpa Skripsi

Selasa, 23 Juli 2024 - 13:45 WIB
Universitas Negeri Yogya (UNY) telah menerapkan sistem lulus tanpa skripsi.Mahasiswa yang memilih lulus tanpa skripsi harus mengikuti kegiatan yang dapat mengharumkan nama universitas. Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar 5 universitas yang mahasiswanya bisa lulus tanpa skripsi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa skripsi kerap menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir. Tak jarang dalam menyusun skripsi, mahasiswa harus revisi berkali-kali demi mendapatkan persetujuan atau acc dosen pembimbing.

Namun jangan khawatir, saat ini ada sejumlah perguruan tinggi yang memungkinkan mahasiswanya lulus tanpa mengerjakan skripsi karena memperbolehkan adanya tugas akhir lain.

Sekedar informasi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, pernah mengumumkan bahwa skripsi tidak lagi bersifat wajib sebagai syarat kelulusan mahasiswa S1 dan D4.



Jadi universitas mana saja yang memperbolehkan kelulusan tanpa skripsi? Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas daftar 5 universitas yang mahasiswanya bisa lulus tanpa skripsi, simak ya!

5 Kampus yang Bisa Lulus Tanpa Skripsi



1. Universitas Negeri Yogya



Universitas Negeri Yogya (UNY) telah menerapkan sistem lulus tanpa skripsi.Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang memilih jalur lulus non-skripsi ini.

Mahasiswa yang memilih lulus tanpa skripsi harus mengikuti kegiatan yang dapat mengharumkan nama universitas.Satu di antaranya dengan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Universitas Negeri Yogya (UNY) telah menerapkan sistem lulus tanpa skripsi. Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang memilih jalur lulus non-skripsi ini.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More