7 Manfaat Ikut Ekstrakurikuler Pramuka, Peluang Beasiswa hingga Masuk PTN Tanpa Tes

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 13:00 WIB
Mengikuti ekstrakurikuler Pramuka ternyata punya banyak keuntungan. terutama bagi siswa SMA dan SMK yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 7 manfaat mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Mengikuti ekstrakurikuler Pramuka ternyata punya banyak keuntungan. Terutama bagi siswa SMA dan SMK yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Artikel kali ini akan membahasnya secara detail apa itu manfaat pramuka, simak ya!

7 Manfaat Ikut Ekskul Pramuka



1. Hidup lebih terarah





Dalam Pramuka dikenal ada Dasa Darma atau 10 kebaikan yang menjadi panduan untuk diamalkan bagi setiap anggota Gerakan Pramuka.

Semua dasa darma ini harus diterapkan anggota untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, darma kesatu hingga kesepuluh sudah seharusnya menjadi semacam way of life atau pegangan atau gaya hidup.

2. Lebih multitasking dan multitalenta



Di Pramuka diajarkan untuk menempuh berbagai keahlian melalui SKU, SKK dan SPG, bekal multi keahlian pramuka. Proses penempuhan ini punya standarisasi dengan berbagai macam keahlian yang dibungkus dalam Kecakapan Umum, Khusus dan Garuda. Sehingga anggota Gerakan Pramuka menjadi pribadi yang multi talenta, yang nantinya mampu menghadapai berbagai persoalan.

3. Bergabung dengan komunitas internasional



Tahukah kamu, Pramuka itu punya jambore yang juga digelar di tingkat internasional? Setiap empat tahun sekali, diadakan Jambore Pramuka Dunia. Selama acara ini ada challenge antar-negara. Dengan mengikuti kegiatan ini bisa dibuat bekal portofolio dan curicullum vitae bagi siswa.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More