5 Kebiasaan Buruk SMA yang Harus Ditinggalkan saat Kuliah, Bolos hingga Mudah Galau

Selasa, 06 Agustus 2024 - 11:51 WIB
Masa SMA banyak ditemukan sejumlah kebiasaan atau perilaku negatif yang idealnya tidak terulang di perguruan tinggi karena bisa berdampak buruk terhadap proses kuliah. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini 5 kebiasaan buruk di SMA yang harus ditinggalkan agar sukses di bangku kuliah. Masa-masa kuliah di perguruan tinggi yang saat ini sudah banyak dijalani mahasiswa baru tentu berbeda dengan masa-masa SMA.

Ketika SMA banyak ditemukan sejumlah kebiasaan atau perilaku negatif yang idealnya tidak terulang di perguruan tinggi karena bisa berdampak buruk terhadap proses kuliah. Apa saja kebiasaan buruk itu? Artikel kali ini akan membahas 5 kebiasaan buruk anak SMA yang wajib kamu tinggalkan saat menjadi mahasiswa, simak ya!

5 Kebiasaan Buruk Anak SMA yang Harus Ditinggalkan saat Kuliah





1. Suka bolos



Saat SMA, ketika kamu mulai bosan dengan pelajaran kamu mungkin bisa langsung mengambil keputusan untuk bolos saja. Nah, ketika kamu sudah menduduki bangku kuliah, sebenarnya saat malas untuk masuk belajar, kamu bisa dengan mudahnya untuk bolos, tapi ini bukan solusi yang baik.

Kamu sepatutnya harus lebih dewasa menghadapi masalah, termasuk ketika kamu merasakan kemalasan dalam belajar. Cobalah untuk lebih bijak. Ingat, kamu sekarang sudah mahasiswa bukan lagi siswa.

2. Selalu berharap pada teman



Kebiasaan kontraproduktif lain semasa SMA yakni selalu berharap pada teman ketika ada tugas atau ulangan harus kamu tinggalkan ketika sudah menjadi mahasiswa. Kamu sebaiknya belajar lebih mandiri lagi.

Setiap ada tugas, usahakan kamu bisa mengerjakannya sendiri, jangan selalu berharap pada orang lain apalagi menyontek tugas orang lain. Sekali lagi, kamu sudah dewasa, cobalah selesaikan tugasmu sendiri. Kalau kamu masih terus mengharapkan orang lain berarti sama saja kamu tidak ada bedanya dengan anak-anak sekolah lainnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More