Kisah Juliana, Perempuan Suku Anak Dalam Pertama yang Berhasil Raih Gelar S1 di UM Jambi

Jum'at, 20 September 2024 - 08:09 WIB
Juliana, perempuan dari Suku Anak Dalam (SAD) Sumatera berhasil lulus kuliah jenjang S1 dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi. Foto/Muhammadiyah.
JAKARTA - Juliana, perempuan dari Suku Anak Dalam (SAD) Sumatera berhasil lulus kuliah jenjang S1 dari Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah (UM) Jambi. Ia mengambil jurusan Kehutanan .

Oleh karena itu, dikutip dari laman Muhammadiyah, Juliana tercatat sebagai perempuan pertama dari Suku Anak Dalam atau juga dikenal sebagai Orang Rimba yang mendiami Jambi dan sebagian di Sumatera Selatan.

Baca juga: 6 Suku Pedalaman di Indonesia, dari Suku Togutil hingga Punan



Sejak duduk di bangku SMP, keluarga besar Juliana meminta ia untuk langsung menikah saja dan tidak perlu melanjutkan sekolah. Beruntungnya, kedua orang tuanya tidak meminta dirinya putus sekolah, justru mereka mendukung penuh usaha Juliana untuk meraih mimpinya.

“Kalau saya gagal, adik-adik saya nanti tidak akan berani kuliah. Perempuan dari kelompok kami juga akan selalu takut kuliah. Situasinya tidak akan berubah. Maka itu saya ingin membuktikan bahwa perempuan SAD juga bisa kuliah,” ucapnya, dikutip dari laman Muhammadiyah, Jumat (20/9/2024).

Juliana pun berhasil mewujudkan mimpi untuk berkuliah lewat beasiswa yang disalurkan kampus yang dipimpin oleh Rektor Hendra Kurniawan ini. Juliana pun menikmati setiap ilmu yang ia dapat dan berjuang agar bisa lulus dengan baik.

Baca juga: Kisah Luthfi Ridzki Fakhrian, Raih IPK 3,95 Sukses Jadi Co-Founder dan Vice Chairman

Sidang skripsinya dipimpin oleh Citra Rahmatia dan Penguji I yaitu Riko Kurniawan, serta Penguji II Dinda Tri Agustina.

Selama proses menyusun skripsi, Juliana dibantu oleh dua dosen, yaitu Dosen Pembimbing I Hendra Kurniawan dan Dosen Pembimbing II Amelia Retno Eka Putri.

“Cita-cita saya ingin menyelesaikan bangku perkuliahan, saya ingin menjaga kelestarian hutan,” ungkap Juliana.

Juliana kini dirinya tercatat sebagai satu-satunya perempuan yang berasal dari Suku Anak Dalam di Jambi yang bergelar sarjana dari Fakultas Saintek di Program Studi Kehutanan.
(nnz)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More