Apa Itu Gelar Lc yang Banyak Dimiliki Ustaz di Indonesia? Ini Arti dan Singkatannya

Jum'at, 27 September 2024 - 11:18 WIB
Ustaz Abdul Somad menjadi salah satu pendakwan atau tokoh masyarakat Indonesia yang memiliki gelar Lc. Foto/Ist
JAKARTA - Ini arti gelar Lc yang kerap menempel di belakang nama profesi ustaz atau mubalik di Indonesia. Sejumlah ustaz atau pendakwah atau tokoh tokoh public di Indonesia memiliki gelar Lc di belakang namanya.

Salah satu dai kondang yang memiliki gelar Lc adalah Ustaz Abdul Somad, Lc, Ph.D. Meski sering terlihat, tetapi tak sedikit yang belum mengetahui apa arti gelar Lc tersebut. Artikel kali ini akan membahasnya secara tuntas, simak ya!

Mengenal Arti dan Kepanjangan Gelar Lc



Arti dan Singkatan Gelar Lc Gelar Lc adalah singkatan dari Licentiate. Istilah ini berasal bahasa Latin, tepatnya dari kata "licentia" yang mengandung makna kebebasan. Ada juga pandangan lain yang menghubungkan istilah "Licentiate" dengan bahasa Inggris, yakni "license" yang berarti lisensi.

Lc merupakan gelar akademik yang ada di banyak negara, mewakili tingkat pendidikan yang berbeda. Gelar ini mungkin serupa dengan gelar master di universitas Eropa, Amerika Latin, dan Suriah.

Licentiate atau gelar Lc sebenarnya memiliki kesamaan dengan gelar sarjana strata 1 di Indonesia. Gelar ini sejajar dengan tingkat pendidikan sarjana.



Lulusan Perguruan Tinggi Timur Tengah



Di beberapa negara, gelar Lc juga dikenal sebagai Bakalurios atau Bachelor. Perlu ditegaskan bahwa gelar tersebut memiliki cakupan yang luas. Tidak hanya terbatas pada lulusan syariah dan bahasa Arab, melainkan juga mencakup lulusan dari bidang lain seperti Hukum, Ekonomi dan juga Teknik.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More