Jangan Bingung, Begini Cara Menghafal Tabel Periodik Kimia 1A Sampai 8A

Senin, 07 Oktober 2024 - 14:14 WIB
Sistem periodik unsur kimia disusun dalam bentuk tabel periodik. Dalam tabel ini terdapat banyak sekali unsur kimia dengan namanya masing-masing.Foto/Ist
JAKARTA - Begini cara menghafal table periodic kimia 1A hingga 8A.Sistem periodik unsur kimia disusun dalam bentuk tabel periodik. Dalam tabel ini terdapat banyak sekali unsur kimia dengan namanya masing-masing. Kamu tahu berapa tepatnya jumlah nama unsur dalam tabel tersebut? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Cara Menghafal Tabel Periodik Kimia



Tabel periodik unsur kimia memuat 118 nama unsur kimia. Tabel periodik unsur kimia terdiri dari kumpulan unsur kimia yang disusun berdasarkan urutan nomor atom dan konfigurasi elektronnya. Menghafal tabel periodik bisa menjadi tugas yang menantang.



1. Pahami cara membaca tabel periodik unsur



Sebelum menghafal tabel periodik, kita harus memahami struktur dasar tabel periodik unsur kimia. Tabel ini terdiri dari kolom yang disebut golongan atau kelompok dan baris yang disebut periode. Tiap-tiap golongan memiliki kesamaan sifat kimia, sedangkan periode menunjukkan peningkatan jumlah kulit elektron pada atom.

2. Bagi tabel menjadi bagian-bagian kecil



Tabel periodik golongan 1A sampai 8A itu cukup besar, Sobat. Untuk mempermudah hafalan tabel periodik, kita dapat membagi tabel periodik unsur kimia menjadi bagian-bagian kecil yang lebih mudah diingat. Mulailah dengan fokus pada beberapa golongan atau periode tertentu dalam satu waktu.



3. Buatlah asosiasi

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More