Ini 7 Perbedaan Sarjana Akademik dan Sarjana Terapan, Kalian Cocok yang Mana?

Rabu, 07 Juli 2021 - 15:11 WIB
Mahasiswa vokasi. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Saat ini banyak perguruan tinggi yang membuka penerimaan mahasiswa program sarjana terapan. Meski ada beberapa perbedaan namun sama halnya dengan sarjana akademik, sarjana terapan ini juga memberikan ilmu bermanfaat bagi para lulusannya.

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Selasa (6/7), simak 7 perbedaan sarjana akademik dan sarjana terapan agar tidak bingung untuk menentukan langkah pendidikan selanjutnya.



1. Praktek Perkuliahan

Perbedaan pertama antara jenjang Sarjana Akademik dan Sarjana Terapan adalah pada praktek perkuliahannya. Di jenjang Sarjana Akademik dan Sarjana terapan, mahasiswanya akan sama-sama menempuh pendidikan selama 4 tahun waktu normal.

Hanya saja di Sarjana Akademik akan difokuskan pada teori sementara Sarjana Terapan lebih banyak kepada praktek lapangan.

2. Tujuan Program Pendidikan

Perbedaan kedua dari jenjang Sarjana Akademik dan Sarjana Terapan adalah pada tujuan program pendidikannya. Di Sarjana Akademik, mahasiswa akan fokus pada berbagai materi yang diajarkan sedangkan di program Sarjana Terapan mahasiswa akan fokus pada pengasahan skill sesuai jurusan yang telah dipilih.

3. Tahapan Menuju Lulus Sangat Berbeda

Meski sama-sama menempuh pendidikan selama 4 tahun lamanya, rupanya terdapat perbedaan antara Sarjana Akademik dan Sarjana Terapan dari segi tahapan lulusannya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More