4 Jurusan Tepat yang Bisa Kamu Pilih di Era Revolusi Industri 4.0

Senin, 16 Agustus 2021 - 22:30 WIB
Generasi muda harus benar-benar cerdas melihat situasi di era revolusi industri 4.0, salah satunya dalam memilih jurusan kuliah. FOTO/IST
JAKARTA - Memasuki era revolusi industri 4.0 , persaingan dalam mencari pekerjaan semakin ketat. Untuk menghadapinya, generasi muda harus mempersiapkan dan membekali diri dengan pendidikan sesuai passion dan jurusan yang tepat pada jenjang perkuliahan.

Mereka harus benar-benar cerdas melihat situasi di era revolusi industri 4.0, salah satunya dengan memilih jurusan kuliah. Orang-orang semakin teliti dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat agar nantinya bisa menyesuaikan dengan situasi era saat ini.

Berikut adalah jurusan kuliah yang lulusannya sangat dibutuhkan di era Revolusi Industri 4.0, diantaranya:

Baca juga: Ini Tips bagi yang Masih Bingung Memilih Jurusan Kuliah



1. Teknik Informasi

Perguruan tinggi saat ini banyak yang memberikan perhatian terhadap bidang ini, khususnya untuk mempelajari keamanan siber yang efektif di berbagai bidang industri. Jurusan ini juga mempelajari proteksi data pemerintah atau bahkan individu dari serangan dunia maya 'cyber attack'. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan mempelajari materi tentang cyber forensic, data structure, programming, coding, dan network penetration testing.

Lulusan jurusan ini akan memiliki prospek kerja sebagai Computer Forensics Analyst, Big Data Architect, Security Analyst, dan Cyber Intelligence Officer. Maka dari itu, memiliki gelar sarjana Teknologi Informasi ataupun master di Teknologi Informasi merupakan pilihan tepat bagi kamu yang tertarik bidang ini.

2. Sistem Informasi

Aplikasi yang selama ini kita gunakan disediakan oleh Android dan IOS dikembangkan oleh para developer aplikasi. Kompeten pada algoritma dan logika yang kuat merupakan modal utama jika ingin menjadi seorang developer aplikasi, dan tentunya mengambil kuliah jurusan Sistem Informasi. Pada jurusan ini pelajar akan dibekali cara untuk membuat aplikasi guna mempermudah masyarakat dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More