5 Tips Melamar Pekerjaan yang Baik

Jum'at, 17 September 2021 - 11:39 WIB
Bagi para pencari kerja, menulis suatu lamaran pekerjaan itu diperlukan teknik tersendiri. Sebab persaingan dunia kerja itu sangat ketat. Foto/Ist
JAKARTA - Bagi para pencari kerja, menulis suatu lamaran pekerjaan itu diperlukan teknik tersendiri. Sebab persaingan dunia kerja itu sangat sengit karena bukan kita saja yang menjadi kandidat. Sehingga, surat lamaran menjadi cerminan diri kita sehingga isinya pun perlu dibuat menarik agar perusahaan yang disasar juga tertarik untuk memanggil kita.

Dikutip dari instagram resmi Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek di @ditjen.dikti, Jumat (17/9/20210, simak point-poin berikut ini mengenai cara melamar kerja yang baik dan perlu diketahui agar peluang diterima kerja semakin besar.

1. Gunakan Format PDF untuk CV/Resume/Portofolio

Format ini digunakan karena akan memudahkan tim rekruiter dalam melakukan pengecekan. Kemudian file akan lebih nyaman dilihat karena tata letak tidak akan berantakan.

2. Jadikan dokumen dalam satu file PDF

Tim HRD akan lebih senang jika semua persyaratan rekruitmen ada dalam satu file PDF untuk memudahkan pemeriksaan. Gabungkan CV, portofolio juga sertifikat yang anda miliki.

3. Fokus pada Kualitas Isi CV

Gunakan font yang terlihat jelas seperti Serif untuk terlihat formal atau Sans Serif untuk kesan lebih santai dan kreatif. Catat pengalaman dan prestasi yang berkaitan dengan kebutuhan syarat rekruitmen.



4. Selalu Isi Body Email
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More