5 Tips Agar Terhindar dari Stres Saat Jalani Kuliah Online

Minggu, 10 Oktober 2021 - 08:29 WIB
Seorang mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta tengah mengikuti perkuliahan jarak jauh. Foto/Ist
JAKARTA - Pandemi Covid-19 menyebabkan kuliah online bukan lagi menjadi suatu pilihan melainkan kewajiban yang harus diikuti mahasiswa. Berikut ini ada 5 tips agar mahasiswa tidak stres dalam melaksanakan perkuliahan daring yang padat.

Perkembangan zaman memang memungkinkan perkuliahan tidak lagi melalui kuliah tatap muka melainkan juga dapat dilakukan secara luring. Namun adanya interaksi antara kuliah tatap muka dan belajar online memerlukan proses adaptasi yang berbeda.



Minimnya interaksi dan diskusi dengan dosen dan teman satu kelas bisa menjadi salah satu faktor pemicu terbesar stres menjalani kuliah online khususnya di masa pandemi.

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Kamis (7/10/2021), simak 5 tips agar tidak terkena stres saat menjalani kuliah online.

1. Jangan Jadi Deadliner

Sistem pembelajaran online pasti memberi banyak tugas kepada mahasiswa. Ketika diberi tugas tak jarang banyak mahasiswa yang menjadi deadliner.

Bagi mahasiswa yang masih menjadi deadliner, sebaiknya hal itu dihilangkan secara perlahan. Sebab dengan menjadi deadliner tugas akan semakin menumpuk dan menambah pusing untuk mengerjakannya.

2. Buat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas tentu harus dilakukan agar kita bisa menyusun kegiatan atau tugas. Dengan menyusun skala prioritas tugas dan kegiatanmu akan terlihat lebih rapi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More