Kisah Magang Mahasiswa Unair dan Manfaat yang Didapat

Senin, 21 Maret 2022 - 15:45 WIB
Kisah magang mahasiswa Unair dan manfaat yang didapat. Foto/Getty Images.
JAKARTA - Bagi mahasiswa yang telah menempuh tahun terakhir perkuliahan, magang menjadi salah satu kegiatan favorit mahasiswa. Terlebih saat ini mahasiswa semakin diberi beragam pilihan karena banyak perusahaan dari berbagai bidang yang memberi kesempatan magang.

Seluk beluk dalam dunia kerja pun akan dijalani mahasiswa sehingga menjadi bekal dalam memasuki dunia kerja yang nyata nantinya. Hal senada juga diutarakan mahasiswi program studi Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) angkatan 2018 Khairillah Fathinnuzul H.

“Jadi, ketika magang itu kita akan bersinggungan dengan para profesional dan magang itu adalah tempat di mana kita bisa membuka cakrawala ilmu,” katanya mengutip laman resmi Unair, Senin (21/3/2022).

Baca: Begini Cara Membuat Soal di Google Form, Silakan Coba

Pada gelaran “Internthings: Things You Need to Know About Internship” yang diselenggarakan BEM FKM Unair, Fathin menjelaskan, kegiatan magang dapat menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk melatih kemampuan komunikasi mereka. “Saat magang, apa yang bingung kita tanyakan saja sehingga secara tidak langsung kita melatih skill komunikasi kita,” ujar Fathin.

Ia menambahkan, dalam dunia manajemen, kemampuan komunikasi menjadi hal yang penting untuk dikuasai. “Kerja sama (dalam lingkup kerja, red) itu kan butuh komunikasi,” tegas Fathin.

Salah satu poin penting lainnya dalam kegiatan magang adalah memperluas relasi mahasiswa. Terkadang, sebuah perusahaan akan merekomendasikan pemagang mereka untuk mengikuti kegiatan magang di perusahaan lain.

“Magang saya sekarang ini juga atas rekomendasi dari tempat (magang) saya sebelumnya. Atas rekomendasi tersebut, saya bisa menjajal ilmu lebih, mengisi waktu luang, serta berproses di bidang yang saya minati,” ujar mahasiswa yang sedang mengikuti program magang di Kementerian ESDM dan Borneo Energy Harapan ini.

Baca juga: Dorong Mahasiswa Berwirausaha, UNPAR Gelontorkan Ratusan Juta untuk Modal Usaha

Bagi para mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan magang, Fathin menyarankan agar mulai mengambil program magang saat menempuh semester 5. Program MBKM atau Magang Bersama Kampus Merdeka yang diinisiasi Kemendikbudristek pun juga mensyaratkan mahasiswa minimal semester 5 untuk mengikuti program magang.

“Jadi, kalau ada (lowongan) magang ambil aja. Jangan berpikir terlalu lama,” saran Fathin. Ia menceritakan, dirinya telah mendaftar program magang di banyak perusahaan sebelum ia bergabung dalam kegiatan magang yang dijalaninya sekarang ini.

Fathin menekankan agar para mahasiswa tidak ragu menggali informasi lebih dalam terkait kegiatan magang. “Kalian dapat bertanya utamanya kepada kakak tingkat yang sudah pernah ikut magang. Mereka akan lebih tahu seluk-beluk kegiatan magang seperti apa,” pungkas Fathin.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(nz)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More