Selamat, UNS Raih Pengakuan Internasional 4-Star dari QS STAR

Sabtu, 28 Mei 2022 - 16:21 WIB
UNS meraih pengakuan internasional 4-Star dari QS STAR. Foto/Tangkap layar laman UNS.
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta kembali memperoleh pengakuan dari internasional. Kali ini, UNS memperoleh kategori 4-star (very good) dari QS STAR. Pencapaian ini meningkat dari 3-star yang diperoleh pada tahun 2015.

QS STAR merupakan layanan dari QS Quacquarelli Symonds untuk penilaian terhadap institusi pendidikan tinggi dengan kriteria yang lebih banyak dibandingkan dengan yang digunakan dalam pemeringkatan QS World University Rankings . QS STAR memungkinkan suatu perguruan tinggi yang dinilai untuk mengidentifikasi area-area yang menjadi kekuatan dan bidang-bidang yang masih menjadi kelemahan.

Dalam metodologi QS STAR terdapat 4 kategori yang dinilai yaitu core criteria, specialist criteria, learning environment, dan advanced criteria. Adapun untuk core criteria dilihat dari 5 aspek, yaitu teaching, employability, internationalization, research, dan academic development.

Baca: Kemendikbudristek Hadirkan Alat Simulasi Kemudi Kapal Digital Buatan SMK dan Kampus Vokasi

Sementara learning environment, perguruan tinggi dapat memilih satu dari dua aspek yaitu fasilitas atau online learning. Untuk specialist criteria, perguruan tinggi dapat memilih indikator antara subject ranking atau program strength. Sedangkan untuk advanced criteria diukur dengan dua dari empat indikator yaitu innovation, social responsibility, inclusiveness dan art & culture.

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho mengatakan bahwa pada penilaian di tahun 2022 ini, UNS secara overall atau keseluruhan memperoleh 4-star.

Baca juga: Empat Pemuda Wakili Indonesia dalam G7 Youth Summit 2022 di Berlin

“Star tertinggi yaitu 5-star yang diperoleh pada indikator employability yang diukur dengan reputasi di mata pengguna lulusan, tingkat keterserapan lulusan di dunia kerja, dan aktivitas career support yang dilakukan perguruan tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa lulusan UNS memiliki tingkat keterserapan yang tinggi serta memiliki reputasi yang sangat baik dari pengguna lulusan,” kata Prof. Jamal, dilansir dari laman UNS, Sabtu (28/5/2022).

Prof. Jamal juga mengapresiasi pencapaian luar biasa ini. Tentu, hasil ini tidak lepas dari kontribusi sivitas akademika UNS.

“Pencapaian ini merupakan kontribusi dan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh sivitas akademika UNS. Terlebih, proses penilaian QS-STAR ini cukup panjang dengan proses audit dan analisis yang teliti,” tuturnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(nnz)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More