Festival Literasi Siswa Digelar untuk Tumbuhkan Budaya Baca dan Tulis

Selasa, 08 November 2022 - 19:16 WIB
FeLSI 2022 digelar untuk mewadahi pengembangan prestasi dan talenta peserta didik bidang bahasa dan literasi. Foto/BKHM.
JAKARTA - Pusat Prestasi Nasional ( Puspresnas ) Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) 2022. Event ini digelar untuk mewadahi pengembangan prestasi dan talenta peserta didik di bidang bahasa dan literasi .

Program ini digelar sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia unggul harus bersifat holistik, di mana literasi, numerasi, dan karakter, serta pengembangan talenta prestasi memiliki tingkat kepentingan yang sama.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, (BSKAP), Anindito Aditomo menyampaikan festival literasi ini merupakan bagian penting dari Merdeka Belajar, yang tujuan utamanya adalah mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi semua peserta didik.

Baca juga: Nadiem Tekankan Siswa SMK Berkarakter Tangguh dan Berdaya Saing



“Dengan kegiatan seperti ini, siswa dengan beragam bakat dan minat, baik yang berbakat di bidang akademik, olahraga, seni, budaya, dan bahasa, semua mendapatkan kesempatan untuk tumbuh dan berprestasi,” ujarnya, melalui siaran pers, Selasa (8/11/2022).

Tidak hanya itu, kata Anindito, festival literasi ini juga menjadi bagian dari pengembangan karakter dalam menumbuhkan kebiasaan membaca dan menulis, sekaligus mencipta dan memahami segala sesuatu secara lebih komprehensif. Untuk itu, Anindito berharap para peserta festival ini bisa menjadi penggerak dan pelopor budaya literasi di sekolahnya masing-masing.

“Selamat atas terpilihnya karya adik-adik hingga bisa sampai tingkat nasional ini. Teruslah menulis cerpen (cerita pendek), membuat karya jurnalistik, membuat karya foto. Terus asah kemampuan Anda untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda,” ucap Anindito.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas (Plt.) Pusat Prestasi Nasional dan juga Kepala BPTI, Asep Sukmayadi dalam laporannya menjelaskan festival ini merupakan salah satu wadah pengembangan ajang talenta di bidang seni, bahasa, dan literasi yang diikuti oleh peserta didik jenjang SMA, MA, dan SMK.

Baca juga: SatuPena Luncurkan Link Pembelian 100 Buku yang Mewarnai Sejarah dan Budaya Indonesia
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More