3 Pahlawan Nasional yang Pernah Mengenyam Pendidikan di Luar Indonesia

Kamis, 10 November 2022 - 12:10 WIB
Terdapat sejumlah pahlawan nasional yang pernah mengenyam pendidikan di luar Indonesia. Salah satunya Mohammad Hatta. Foto DOK wikipedia
JAKARTA - Terdapat sejumlah pahlawan nasional yang pernah mengenyam pendidikan di luar Indonesia. Dari sekian banyak kelompok, golongan akademis menjadi salah satu yang memberikan kontribusi mendalam bagi perjuangan bangsa Indonesia.

Dalam sejarahnya, Indonesia memang memiliki banyak pejuang yang telah berkontribusi dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Uniknya, meski memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mereka tetap bersatu demi satu tujuan.

Baca juga : Deretan Pahlawan Nasional yang Pernah Menjadi Rektor

Tokoh-tokoh seperti Mohammad Hatta yang memiliki pengalaman pendidikan di luar negeri mencurahkan seluruh pengetahuan yang didapat untuk membantu perjuangan dan kepentingan bangsa.

Berikut beberapa pahlawan nasional yang pernah mengenyam pendidikan di luar Indonesia.

1. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta merupakan salah satu tokoh sentral perjuangan bangsa Indonesia. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 12 Agustus 1902 ini menjadi Wakil Presiden Indonesia pertama dan mendampingi Soekarno sebagai Presiden.

Dikutip dari laman Perpusnas, Hatta pernah mengenyam pendidikan dasar di Sekolah Melayu Bukit Tinggi, kemudian lanjut ke ELS di Padang pada 1913-1916, MULO, hingga beralih ke HBS di Batavia pada 1919.

Setelahnya, pada 1921 Mohammad Hatta terbang ke Belanda untuk belajar ilmu perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool atau Rotterdam School of Commerce.

2. Ahmad Soebardjo
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More