Cek Info Terbaru SNBT, SNBP, dan Ujian Mandiri dari Kemendikbudristek

Kamis, 01 Desember 2022 - 14:55 WIB
Kemendikbudristek memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru di PTN yang akan berlaku tahun depan. Foto/MPI/Bachtiar Rojab.
JAKARTA - Kemendikbudristek menyampaikan informasi terbaru mengenai penerimaan mahasiswa baru 2023 hari ini, Kamis (1/12/2022). Plt Dirjen Diktiristek menjelaskan tiga jalur penerimaan yang akan berlaku tahun depan.

Menurut Plt Dirjen Diktiristek Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Prof. Nizam, seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun depan mekanismenya pendaftarannya masih sama dengan tahun ini.

Akan tetapi , ujar Guru Besar UGM tersebut, ada perbedaan terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang kini menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Jalur ini mengandalkan prestasi untuk menyaring mahasiswa baru di PTN.

Baca juga: Salut! Ibu dan Anak Ini Kompak Kuliah hingga Sidang Tesis Bareng di Unesa

"Yang membedakan ujiannya atau seleksinya pada seleksi jalur prestasi mengandalkan prestasi siswa selama mengikuti pendidikan di SMA, SMK, MA," ujar Nizam di kantor Kemendikbudristek, Jakarta Pusat.

Nizam menjelaskan, pada SNBP tersebut akan ada penyeragaman selekis mahasiswa baru untuk dibuat suatu acuan bersama sehingga ada kesetaraan dalam seleksi masuk melalui jalur prestasi.

Sedangkan untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau yang sebelumnya dikenal dengan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), calon mahasiswanya akan diuji dengan tes mata pelajaran tertentu.

"Tesnya dari potensi calon mahasiswa sehingga yang diujikan potensinya, tes skolastik, tes bakat, tes kemampuan kognitif, dua kompetensi umum, kemampuan literasi numerasi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, kemampuan bernalar kritis menyelesaikan masalah," ungkapnya.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Cocok Bagi Penyuka Fisika, Ada Pilihanmu?

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More