Tingkatkan APK Pendidikan Tinggi, UT Kejar Target 1 Juta Mahasiswa

Rabu, 28 Desember 2022 - 13:51 WIB
Universitas Terbuka (UT) meluncurkan kendaraan registrasi keliling untuk membantu proses registrasi mahasiswa. Foto/YouTube UT TV.
TANGERANG SELATAN - Universitas Terbuka ( UT ) menargetkan untuk meningkatkan kuantitas mahasiswa menjadi 1 juta mahasiswa secara bertahap. Penambahan mahasiswa ini juga akan berdampak kepada APK Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Rektor UT Prof Ojat Darodjat mengatakan, Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia saat ini baru mencapai 31% dari total penduduk Indonesia yang berusia 18-23 tahun. Oleh karena itu, UT pun ingin berkontribusi untuk meningkatkan jumlah APK Pendidikan Tinggi dengan sejumlah program.

Dia menjelaskan, pada 2017 UT ditantang oleh pemerintah untuk meningkatkan jumlah mahasiswanya menjadi 1 juta. Pihaknya pun akan menjawab tantangan untuk menambah jumlah mahasiswa 1 juta itu secara bertahap yakni dengan 500 ribu mahasiswa dulu pada 2023. "Mudah-mudahan mahasiswa UT bisa mencapai 500 ribu tahun depan dapat tercapai," katanya pada Peluncuran Mobil Registrasi Keliling UT, Rabu (28/12/2022).

Baca juga: Jurusan Paling Diminati di Universitas Brawijaya Tahun 2022, Referensi SNBP 2023



Ojat menjelaskan, salah satu program untuk menambah jumlah mahasiswa itu dengan diluncurkannya 6 kendaraan registrasi keliling UT yang didukung oleh Bank BTN untuk menjangkau mahasiswa di lokasi yang sulit dijangkau.

Enam kendaraan registrasi keliling ini diberikan ke UPBJJ-UT Surabaya, Makassar, Semarang, Bandar Lampung, Samarinda, dan Bandung. Mobil registrasi keliling ini diberikan agar mahasiswa bisa melakukan proses registrasi kuliah hingga cetak Kartu Tanda Mahasiswa Elektronik (KTME).

Dia menuturkan, dengan adanya kendaraan ini maka tidak ada alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak melakukan registrasi menjadi mahasiswa. Sebab mahasiswa pun akan lebih mudah berkuliah tanpa harus meninggalkan rumah atau pekerjaanya melalui pembelajaran jarak jauh di UT.

"Selain komitmen untuk peningkatan kualitas layanan UT kepada mahasiswa menjadi semakin baik, ini juga sebagai upaya meningkatkan kuantitas jumlah mahasiswa, menjangkau 1 juta mahasiswa," imbuhnya.

Baca juga: Mau Bekerja di Perusahaan Teknologi Dunia? Yuk Daftar Program Bangkit
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More