Mengenal 10 PTN dengan Jurusan Kuliah Teknik Mesin Terbaik

Kamis, 19 Januari 2023 - 17:37 WIB
loading...
Mengenal 10 PTN dengan Jurusan Kuliah Teknik Mesin Terbaik
Terdapat 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jurusan kuliah teknik mesin terbaik. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat 10 Perguruan Tinggi Negeri ( PTN) dengan jurusan kuliah teknik mesin terbaik. Saat ini teknik mesin menjadi salah satu jurusan kuliah yang cukup populer.

Bertambahnya kebutuhan perusahaan terhadap karyawan dari lulusan teknik mesin, membuat banyaknya universitas negeri di Indonesia yang membuka program pendidikan dengan jurusan teknik mesin.

Baca juga : Ini 4 Kampus Teknik Mesin Terbaik di Indonesia

Mengutip dari QS World University Ranking, berikut 10 PTN Indonesia dengan jurusan kuliah teknik mesin terbaik :

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) menjadi hasil pemekaran dari Fakultas Teknologi Industri (FTI) sesuai surat keputusan Rektor ITB No.245/SK/OT/2007 tanggal 10 September 2007.

FTMD sendiri membuka program pendidikan sarjana, magister, dan doktor seperti Teknik Mesin, Teknik Dirgantara, dan Teknik Material. Untuk jurusan Mesin sendiri didirikan pada tahun 1942 dan saat ini memiliki jenjang program Sarjana, Magister, dan Doktor.

2. Institut Teknologi Sepuluh November

Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) didirikan pada 17 Agustus 1957. Namun, baru diresmikan oleh Presiden Soekarno pada 10 November 1957. Kala itu, YPTT memiliki 2 Fakultas. Teknik Mesin (S1) dan Pendidikan Ahli Teknik (PAT) serta Teknik Sipil (S1) dan Pendidikan Ahli Teknik (PAT).

Dikutip dari situs resminya, YPTT berubah nama menjadi Institut Teknologi Sepuluh November pada 3 November 1960. Setelah itu, mulai muncul fakultas-fakultas lain yang terus berkembang sampai sekarang. Dari ketiga program studi Teknik Mesin yang tersedia di ITS, semuanya sudah mendapatkan Akreditasi BAN PT : A.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)