Perkuat Ekonomi Umat, UMJ Gelar Hari Bermuhammadiyah

Minggu, 22 Januari 2023 - 13:31 WIB
loading...
Perkuat Ekonomi Umat, UMJ Gelar Hari Bermuhammadiyah
Rektor UMJ Mamun Murod pada Hari Bermuhammadiyah (HBM) 2023. Foto/UMJ.
A A A
JAKARTA - Universitas Muhammadiyah Jakarta ( UMJ ) menggelar Hari Bermuhammadiyah (HBM) yang keempat. HBM kali ini digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dengan mengambil tema Muhammadiyah dan Penguatan Ekonomi Umat.

Rektor UMJ Ma'mun Murod, mengatakan, kepanitiaan HBM IV dilaksanakan oleh FEB setelah sebelumnya dilakukan secara bergilir oleh Fakultas Hukum dan FISIP dengan menampilkan kreativitasnya masing-masing. Hal ini bertujuan untuk saling berfastabiqul khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) antar fakultas.

"Kira-kira nanti kreativitas apa yang akan ditampilkan oleh fakultas termasuk kira-kira banyaknya donatur yang diperoleh salah satunya adalah peran alumni. Maka ini menjadi tantangan bagi fakultas-fakultas berikutnya yang akan menjadi tuan rumah pada Hari Bermuhammadiyah,” katanya, dalam keterangan resmi, Minggu (22/1/2023).

Baca juga: Inovasi Keren! Mahasiswa UMM Ciptakan Sepeda Listrik Tenaga Surya

HBM IV yang digelar Sabtu, 21 Januari 2023 dihadiri perwakilan Kedutaan Besar Pakistan, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Abdul Mu’ti, Bendahara Umum PP Muhammadiyah Prof . Hilman Latief, Wakil Ketua DPR-RI Rachmad Gobel, Alumni FEB Direktur Utama PT KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah, dan Deputy Direktur Bank Indonesia Rita Nawangsari.

Dekan FEB Dr. Luqman Hakim menyatakan, konsep adanya stand bazar UMKM di HBM IV ini adalah sebagai penguat ekonomi umat. Selain itu, untuk memperkuat konsep ekonomi umat, HBM IV ini pun bekerja sama dengan kurang lebih 100 UMKM Tangerang Selatan.

Sebelumnya, apabila pada suatu kegiatan identik dengan adanya doorprize, Luqman menjelaskan, doorprize itu diganti dengan voucer belanja makanan senilai Rp40.000 kepada seluruh tamu undangan dan mahasiswa sebagai bentuk apresiasi terhadap UMKM.

Baca juga: IPB University Gelar Sosialisasi Beasiswa Van Deventer Maas Indonesia

Bersamaan dengan agenda ini, UMJ juga melaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Takaful Umum, KAI Logistic , Himpera, dan BSA Logistic Indonesia.

Dua alumni FEB UMJ yaitu Deputi Direktur Bank Indonesia Rita Nawangsari dan Dirut KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah hadir dalam sesi khusus kepada mahasiswa FEB UMJ terkait Pemberdayaan Umat Berbasis Ekonomi Syariah untuk meningkatkan daya saing dan peluang kerja sama. KAI Logistics bahkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa UMJ untuk magang dan memberikan peluang bisnis membuka jasa kurir/kargo.

Wakil Ketua DPR RI Rachmad Gobel turut menyampaikan pesan kepada peserta HBM IV untuk optimistis membangun bangsa. “Saya mengajak kepada keluarga besar Muhammadiyah di Tanah Air untuk bersama-sama bangkit, dan kita buat strategi atau perencanaan untuk menjawab masalah perekonomian," pungkasnya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2374 seconds (10.177#12.26)