3 Jurusan Langka yang Hanya Ada di IPB University, Referensi SNPMB 2023

Kamis, 26 Januari 2023 - 14:23 WIB
loading...
3 Jurusan Langka yang Hanya Ada di IPB University, Referensi SNPMB 2023
3 jurusan langka yang hanya ada di IPB University. Menarik disimak oleh calon mahasiswa baru. Foto/Dok/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - Menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia, IPB University pun memiliki beragam jurusan yang bisa menjadi pilihan mahasiswa baru. Namun ada tiga jurusan kuliah yang hanya IPB University miliki dan tidak dimiliki perguruan tinggi lain.

IPB University merupakan salah satu PTN Badan Hukum (PTN BH) yang didirikan pada 1 September 1963 dan sampai saat ini memiliki 15 rektor. Saat ini kampus yang berpusat di Kota Hujan Bogor ini dipimpin oleh Prof Arif Satria.

Pada Times Higher Education World University Rankings (THE WUR) 2023, IPB University masuk peringkat 1.201-1.500 dunia. Sementara pada QS World University Rankings 2023, IPB University masuk pada peringkat 449 dunia.

Maka tidak heran, bagi sejumlah calon mahasiswa baru dari penjuru negeri pasti mengincar sejumlah program studi di kampus ini. Baik itu di Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran hingga Ekonomi, dan Manajemen.

Dari banyaknya jurusan yang ada di IPB University, tahukah kamu bahwa ada 3 jurusan yang hanya ada di IPB University dan tidak dimiliki kampus lain?

Baca juga: 20 PTN Penerima KIP Kuliah Terbanyak di SNMPTN 2022, Panduan SNBP 2023

Berdasarkan informasi dari Biro Komunikasi IPB University, ada 3 jurusan kuliah yang hanya ada di IPB University. Yakni:

1. Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat
2. Statistika dan Sains Data
3. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Mari kita telisik lebih lanjut ketiga jurusan tersebut. Ketiga jurusan ini bisa juga kalian pilih saat mendaftar kuliah di PTN melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

1. Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

Prodi ini berada di bawah Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM). Tertulis pada laman skpm.ipb.ac.id, Departemen SKPM IPB termasuk dalam program studi sarjana dengan peminat terbanyak di IPB, yakni menduduki peringkat kelima. Departemen SKPM IPB juga sudah terakreditasi A dari BAN PT serta terakreditasi internasional dari AUN QA.

Para lulusannya diharapkan memiliki kompetensi utama dalam merancang dan menerapkan metode komunikasi pengembangan masyarakat untuk pemberdayaan masyarakat, dan kompetensi pendukung dalam menerapkan ilmu komunikasi dan penyuluhan pembangunan.

Kemudian menerapkan ilmu kependudukan, agraria, dan ekologi pembangunan, dan mampu menerapkan ilmu sosiologi pedesaan dan pengembangan masyarakat sebagai ilmu sosial lintas batas dari sosiologi, antropologi, psikologi, kependudukan, dan ekologi manusia.

Selain itu juga bisa menghasilkan riset-riset komunikasi dan pengembangan masyarakat yang dapat diterapkan dan memberdayakan masyarakat secara sosial, ekonomi, dan politik.

Baca juga: Calon Mahasiswa UGM, Begini Skema Bantuan Keringanan UKT yang Perlu Kalian Tahu

2. Statistika dan Sains Data

Mengutip laman fmipa.ipb.ac.id, merespon kebutuhan masyarakat akan pentingnya sains data untuk berbagai kepentingan, mulai Tahun Akademik 2020/2021, IPB University membuka peminatan sains data pada program studi Statistika dan Sains Data untuk program Sarjana, Magister dan Doktor.

Dibukanya prodi ini di IPB University mengikuti jejak berbagai perguruan tinggi dunia seperti Stanford, University of Houston, Yale, Monash dan Eidenburgh yang telah memiliki program studi Statistika dan Data Science.

Kompetensi utama yang diharapkan dari lulusan S1 Statistika dan Sains Data ini ialah membentuk tenaga ahli statistika yang mampu merumuskan masalah, mampu menganalisis data, mampu menyajikan hasil analisis, menguasai prinsip dasar statistika.

Selain itu juga mampu berkomunikasi dengan praktisi bidang terapan, serta mampu menerapkan ilmu statistik dalam pengumpulan, pembangkitan, pengolahan, penyajian, dan analisis data untuk penarikan kesimpulan secara sah.

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen

Melansir laman ikk.fema.ipb.ac.id, prodi Ilmu Keluarga dan Konsumen berada dibawah Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia. Departemen ini terdiri dari jenjang S1 Ilmu Keluarga dan Konsumen, S2 Ilmu Keluarga dan Perkembangan Anak dan S3 Ilmu Keluarga.

Kompetensi lulusan untuk jenjang S1 yakni:

1. Mampu mengaplikasikan teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen dan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan IPTEKS untuk meningkatkan ketahanan keluarga, kualitas anak dan ketangguhan konsumen

2. Menguasai teori-teori keluarga, perkembangan anak, konsumen dan ekonomi keluarga

3. Mampu mengelola upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas anak dan ketangguhan konsumen secara mandiri dan berkelompok dengan penuh tanggung jawab.

Demikian informasi mengenai 3 jurusan langka yang hanya ada di IPB University. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1350 seconds (0.1#10.140)