Program MSIB Angkatan 4 Ditutup Hari Ini, Buruan Daftar!

Jum'at, 27 Januari 2023 - 08:43 WIB
loading...
Program MSIB Angkatan 4 Ditutup Hari Ini, Buruan Daftar!
Program MSIB Angkatan 4 akan ditutup pendaftarannya hari ini. Segera daftar dan lengkapi persyaratannya. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek masih membuka pendaftaran Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan keempat hingga Jumat, 27 Januari 2023. Program unggulan ini terbuka bagi mahasiswa aktif program D2, D3, D4, dan S1 di PTN maupun PTS di bawah naungan Kemendikbudristek.

MSIB merupakan salah satu program unggulan di dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Mahasiswa bisamagang atau kursus dengan proyek akhir di perusahaan kelas dunia, instansi pemerintahan, BUMN, hingga organisasi nonprofit.

MSIB memfasilitasi pengalaman terjun langsung ke dunia industri sekaligus menyediakan calon talenta yang siap masuk dunia kerja. Melalui bimbingan mentor profesional, mahasiswa didorong untuk memecahkan masalah nyata dan mengasah keterampilan kerja.

Baca juga: Ini 8 PTN dengan Jurusan Kuliah Psikologi Terbaik, Akreditasi A

“Program ini untuk membantu adik-adik mahasiswa agar lebih siap memasuki dunia profesi nantinya ketika mereka lulus,” ucap Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek), Nizam, melalui siaran pers, Jumat (27/1/2023).

Lebih dari 67 ribu mahasiswa telah merasakan manfaat dari program MSIB angkatan I hingga angkatan ke-3 di lebih dari 280 mitra perusahaan. Beberapa perusahaan dan instansi yang telah menjadi mitra program MSIB di antaranya Google, Microsoft, Kemkominfo, BI, Telkom, World Wildlife Fund (WWF) dan lainnya.

Untuk MSIB angkatan keempat, jumlah perusahaan dan instansi yang bergabung sebagai mitra sebanyak 187, dengan total kuota peserta sebanyak 31.368. Nizam menerangkan, mitra tersebut terpilih setelah melalui proses kurasi proposal, untuk memastikan program yang ditawarkan mitra dapat menghasilkan luaran yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dunia industri (DUDI) serta mempersiapkan mahasiswa dengan kompetensi masa depan.

“Kita kurasi sangat serius dari ratusan proposal mitra yang mengajukan. Kalau mahasiswa mengikuti satu semester program MSIB yang diselenggarakan secara nasional, dipastikan program tersebut memang sepadan dengan kompetensi 20 sistem kredit semester (sks) yang diperoleh mahasiswa,” terangnya.

Selama mengikuti program, mahasiswa magang akan diberikan proyek nyata yang berdampak pada kinerja perusahaan. Peserta magang juga diberikan pendampingan oleh mentor dan memiliki kesempatan untuk menjadi pegawai tetap.

Baca juga: 3 Jurusan Langka yang Hanya Ada di IPB University, Referensi SNPMB 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)