Obat Herbal untuk Asam Urat dari IPB University Siap Dipasarkan

Jum'at, 27 Januari 2023 - 15:43 WIB
loading...
Obat Herbal untuk Asam Urat dari IPB University Siap Dipasarkan
Grand launching produk Bioluric, obat herbal untuk asam urat inovasi IPB University dan PT Biolife Indonesia. Foto/ Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - IPB University bekerja sama dengan PT Biolife Indonesia telah menghasilkan produk Bioluric, obat herbal antigout (anti asam urat ). Obat herbal tersebut pun telah mendapatkan izin edar dan siap dikomersialisasikan ke masyarakat.

Bioluric merupakan nama dagang untuk produk obat tradisional berbahan alam asli Indonesia yang dapat menurunkan kadar asam urat. Grand launching produk Bioluric telah dilaksanakan di Ballroom IPB International Convention Center (IICC), Bogor (26/1/2023).

Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Bisnis IPB University menyampaikan, tidak mudah untuk menuju tahap komersialisasi inovasi. “Akan tetapi, melalui produk Bioluric kita dapat buktikan bahwa IPB University mampu membuat inovasi obat dengan bahan baku tanaman lokal,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (27/1/2023).

Baca juga: UGM-University of Montpellier Cetak Doktor Double Degree Pertama di Indonesia

“Manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat. Kita sudah selamatkan bahan alam asli Indonesia, jangan sampai orang luar gali terus potensi kekayaan alam negeri kita," lanjutnya.

Produk inovasi ini merupakan salah satu dari 65 proposal yang didanai program Matching Fund Kedai Reka 2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk tahapan komersialisasi.

“Produk ini sudah siap secara kualitas. Apalagi untuk pangan yang menyentuh kesehatan manusia. Ini merupakan produk inovasi yang dilindungi hak cipta dan telah dikerjasamakan dengan mitra industri,” tambahnya.

Lebih lanjut Prof Erika menyampaikan produk Bioluric tidak hanya akan dikerjasamakan di dalam negeri, tapi juga dengan mitra luar negeri.

Rektor IPB University Prof Arif satria dalam sambutannya mengucapkan syukur atas launching produk Bioluric. "Ini akan berharga untuk penguatan kesehatan. Kita akan terus tingkatkan riset yang merespon perkembangan (kesehatan) di lapangan,” ujarnya.

Baca juga: Menteri Agama Tetapkan JM Muslimin Jadi Profesor Politik Hukum Islam UIN Jakarta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2297 seconds (0.1#10.140)