Jurusan Teknologi Perikanan Laut IPB University Bersiap Menuju Akreditasi Unggul

Kamis, 02 Februari 2023 - 16:28 WIB
loading...
Jurusan Teknologi Perikanan Laut IPB University Bersiap Menuju Akreditasi Unggul
IPB University. Foto/Dok/IPB
A A A
JAKARTA - Program Studi (Prodi) Teknologi Perikanan Laut (TPL) IPB University mengadakan Workshop Rancangan Pembelajaran Satu Semester (RPSS) Semester Genap TA 2022/2023.

Prodi TPL merupakan prodi magister dan doktor yang ber-home base di Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).



Workshop RPSS ini dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari sistem manajemen mutu agar pelaksanaan perkuliahan di semester genap TA 2022/2023 terselenggara sesuai dengan capaian pembelajaran dan terukur.

Workshop dihadiri oleh Ketua Departemen PSP, Dr Sugeng Hari Wisudo, Ketua Program Studi TPL Dr Yopi Novita, Sekretaris Program Studi TPL Dr Vita Rumanti K beserta seluruh staf pengajar di Departemen PSP.

Ketua Departemen PSP dalam sambutannya mengimbau agar RPSS dapat dirancang sesuai dengan capaian pembelajaran mata kuliah dan capaian kompetensi lulusan program studi.



“Kesiapan tiap anggota tim pengajar sangat diharapkan agar rumusan RPSS dapat diimplementasikan secara nyata dan memberikan manfaat bagi mahasiswa yang mengikutinya,” ujar Dr Sugeng.

Selanjutnya, Ketua Prodi Studi TPL memberikan arahan dalam penyusunan RPSS. Yakni mengidentifikasi capaian pembelajaran mata kuliah terkait sikap, pengetahuan umum dan keterampilan (umum dan/atau khusus).

“Perumusan RPSS yang mengacu pada capaian pembelajaran mata kuliah dan kompetensi lulusan dari PS TPL serta dapat diterapkan secara reliable, menjadi dasar bagi PS TPL untuk mengembangkan program yang adaptif sesuai dengan perkembangan zaman,” jelas Dr Yopi.

Diskusi berlangsung seru dan bersinergi dikarenakan semua staf di Departemen PSP FPIK memiliki spirit yang sama untuk menghasilkan lulusan berkualitas dan adaptif untuk pengembangan perikanan tangkap di Indonesia. Workshop ini juga dilakukan dalam rangka menuju Akreditasi Unggul PS TPL.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)