UI Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023, Jadi Kado Ultah ke-73

Jum'at, 03 Februari 2023 - 18:20 WIB
loading...
UI Kampus Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023, Jadi Kado Ultah ke-73
UI berada di peringkat teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics 2023. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Di hari jadinya yang ke-73, Universitas Indonesia (UI) menerima "kado" kabar baik, masuk dalam daftar Top 10 Perguruan Tinggi Terbaik se-Asia Tenggara berdasarkan The " Webometrics Ranking of World Universities" edisi Januari 2023. Lembaga pemeringkatan internasional ini juga merilis UI berada di peringkat teratas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Pada edisi Januari 2023 tersebut UI berada di peringkat ke-10 se-Asia Tenggara dan mencapai peningkatan yang luar biasa di level dunia, yaitu melesat naik sebesar 26 peringkat dari tahun lalu (tahun 2022 berada di level 577). Pencapaian ini diraih berkat keberhasilan UI memenuhi persyaratan penilaian Webometrics berdasarkan tiga indikator.

Indikator pertama adalah visibility atau web contents impact (dengan bobot 50%) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

Kedua, transparency atau openness (dengan bobot 10%) merupakan jumlah kutipan dari 310 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar Profiles.

Baca juga: Daftar 15 Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Ketiga, excellence atau scholar (dengan bobot 40%) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah di antara 10% teratas yang paling banyak dikutip dari 27 disiplin ilmu dengan sumber dari Scimago.

Jika dilihat lebih rinci dari ketiga indikator tersebut pada indikator Impact Rank peringkat UI naik 24 peringkat sehingga tahun ini UI menduduki peringkat 299 di dunia.

Kemudian pada indikator Openness Rank pada edisi Januari 2023 ini, UI berada di posisi 686 di dunia dan pada indikator Excellence Rank, posisi UI meningkat 13 peringkat menjadi 1114.

Rektor UI, Ari Kuncoro mengatakan Universitas Indonesia terus berkomitmen menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat, serta unggul di Asia Tenggara dan dunia. Hal ini dibuktikan dengan semakin diakuinya UI di tingkat internasional.

Prof. Ari menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang telah bekerja keras dan berkolaborasi memajukan pendidikan di UI, melalui kegiatan Tri dharma Perguan Tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)