Pelajar Indonesia Terbitkan Buku tentang Burung di Singapura

Senin, 06 Februari 2023 - 12:45 WIB
loading...
Pelajar Indonesia Terbitkan Buku tentang Burung di Singapura
Pelajar asal Indonesia, Ellena Gabrielle, meluncurkan buku tentang burung-burung di Singapura berjudul Get to Know Them: Introduction to Singapores Bird Folk. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pelajar asal Indonesia, Ellena Gabrielle, meluncurkan buku tentang burung-burung di Singapura. Get to Know Them: Introduction to Singapore's Bird Folk, begitu judul bukunya. Peluncuran buku berbahasa Inggris ini dilangsungkan di Plaza Singapura pada Sabtu (4/2/2023).

Get to Know Themmerupakan hasil pengembaraan Ellena dari taman ke taman, kebun raya, plaza, dan lapangan-lapangan terbuka yang ada di Singapura. Penjelajahan pada tiap akhir pekan ini menghabiskan dua pertiga masa studi SMA Ellena di SJI International School, selama pandemi Covid-19 melanda dan perlahan-lahan mereda, sejak 2021 hingga kini.



Acara peluncuran buku Ellena dihadiri oleh para guru dari sekolahnya, Direktur Kinokuniya Singapura, kalangan pencinta burung, dan perwakilan dari National Park Singapura.

"Dengan buku ini saya hendak berbagi kecintaan dan pengetahuan mengenai burung kepada yang lain," ucap Elena dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (6/2/2023).

Hal unik dari buku karya Ellena, remaja yang baru masuk perguruan tinggi tahun ini, adalah penggambarannya yang cukup lengkap atas pengalamannya berinteraksi dengan 20 spesies burung yang ia temukan di banyak latar belakang di Singapura.



Bukan cuma menuliskan, satwa paling elok itu juga dihidupkan kembali di dalam buku oleh ilustrasi yang ia kerjakan sendiri, lengkap dengan peta tempat tinggal masing-masing burung di Asia Tenggara, makanannya pula habitatnya.

Di dalamGet to Know Them,lulusan SMP Santa Ursula Jakarta itu menceritakan kembali pertemuan pribadinya dengan masing-masing burung itu. Bagi Anda pengamat burung berpengalaman atau justru baru merasakan minat pada makhluk-makhluk menakjubkan tersebut, buku denganhard coverini sangat informatif dan menyenangkan untuk dibaca dan dikoleksi.

Diterbitkan oleh salah satu penerbit terkemuka Singapura dan pendistribuasiannya hingga Indonesia dan Malaysia,jadilahGet to Know Themsebagai panduan komprehensif untuk berbagai spesies burung yang ditemukan di Singapura, dengan fokus pada karakteristik, perilaku, dan habitat unik mereka.

Natalina, salah seorang yang hadir pada acara peluncuran buku ini, kagum pada ketekunan Ellena mengumpulkan sedikit demi sedikit bahan-bahan untuk bukunya. Menuliskan masing-masing spesies, melukiskan rupa-rupa burung dalam media yang dipilihnya, hingga menghimpunnya menjadi buku utuh.

”Mungkin Ellena bukan ornitolog seperti Profesor Soma (Soekarja Somadikarta), tapi dia adalah remaja yang tengah berkembang denganpassionpada ilmu pengetahuan dan kecenderungan seninya,” ungkap Natalina.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)