Telkom University Pertahankan Peringkat 1 sebagai PTS Terbaik Versi Webometrics 2023

Selasa, 07 Februari 2023 - 11:10 WIB
loading...
Telkom University Pertahankan Peringkat 1 sebagai PTS Terbaik Versi Webometrics 2023
Telkom University (Tel-U) kembali mempertahankan peringkat pertama sebagai PTS terbaik di Indonesia pada pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities 2023. Foto/Dok/Humas Tel-U
A A A
JAKARTA - Telkom University ( Tel-U ) kembali meraih prestasi membanggakan pada awal tahun 2023. Tel-U mempertahankan peringkat pertama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia pada pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities 2023

Tel-U juga menempati peringkat ke-8 nasional bersanding dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sedangkan untuk peringkat dunia, Tel-U menempati peringkat 1.347 dari sebelas ribu perguruan tinggi di seluruh dunia.



Mengutip halaman resmi www.webometrics.info, webometrics merupakan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia.

Terdapat tiga indikator yang diterapkan dalam pemeringkatan Webometrics. Pertama, visibility atau jumlah subnet yang memiliki link ke laman web institusi. Indikator ini berbobot 50 persen penilaian.

Indikator kedua dengan bobot 10 persen adalah transparansi, yaitu jumlah kutipan dari 210 peneliti terbaik. Terakhir, excellence atau jumlah naskah yang paling sering dikutip periode 2015 – 2019 dengan bobot penilaian 40 persen.



Tujuan dari pemeringkatan ini adalah untuk mendukung akses keterbukaan informasi yang secara signifikan dalam melakukan transfer knowledge yang dihasilkan oleh setiap perguruan tinggi ke seluruh masyarakat.

Rektor Telkom University Prof. Dr. Adiwijaya mengatakan bahwa capaian yang diraih Tel-U dari tahun ke tahun merupakan bentuk komitmen Tel-U dalam memberikan mutu pendidikan yang baik untuk bangsa ini, karena generasi emas yang menjadi visi bangsa ini dihasilkan dari perguruan tinggi berkualitas.

“Ini merupakan sebuah komitmen kami untuk terus membuat mutu pendidikan tinggi di Indonesia lebih baik. Semoga dari capaian ini bisa memotivasi seluruh sivitas akademika dalam memberikan yang terbaik untuk kampus ini dan untuk bangsa Indonesia,” Ucap Prof. Adiwijaya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)