Begini Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar

Rabu, 08 Februari 2023 - 09:21 WIB
loading...
Begini Cara Daftar Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar
Pendaftaran Kurikulum Merdeka dapat dilakukan melalui platform Merdeka Mengajar. Foto/BKHM Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek membuka pendaftaran implementasi Kurikulum Merdeka melalui akun belajar.id. Kepala satuan pendidikan dapat mendaftar implementasi Kurikulum Merdeka melalui Platform Merdeka Mengajar .

Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, menegaskan bahwa dengan proses pembelajaran yang lebih fleksibel, idealnya Kurikulum Merdeka dapat dan harus disesuaikan dengan fasilitas yang dimiliki, visi misi sekolah, serta sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik.

“Kurikulum Merdeka dapat diterapkan di semua satuan pendidikan dan di semua daerah dengan berbagai kondisi. Satuan pendidikan agar memahami betul kebijakan ini secara komprehensif,” katanya, dalam keterangan resmi, Rabu (8/2/2023).

Adapun tiga langkah cara untuk mendaftar melalui Platform Merdeka Mengajar. Pertama, kepala satuan pendidikan perlu memastikan Akun belajar.id telah aktif. Untuk melihatnya, satuan pendidikan dapat melihat cara mengaktivasi Akun Belajar.id pada tautan berikut https://bit.ly/panduanaktivasiakunbelajarid dan mengunduh Platform Merdeka Mengajar melalui Google Play atau akses melalui https://guru.kemdikbud.go.id pada komputer. Pastikan perangkat telah menggunakan versi 1.25 atau setelahnya. Barulah akun belajar.id dapat digunakan.

Baca juga: Sekolah Mau Ikut Kurikulum Merdeka? Baca Petunjuk Pendaftarannya

Berikutnya, pahami esensi Kurikulum Merdeka secara mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar. Pilih satuan pendidikan yang diampu dan pelajari esensi Kurikulum Merdeka dengan menonton video singkat. Temukan menu Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka 2023/2024 di beranda Platform Merdeka Mengajar dan tekan ‘Daftar di sini’.

Baca penjelasan singkat tentang langkah pendaftaran, lalu pilih ‘Mulai pendaftaran’. Temukan nama satuan pendidikan dan tekan ‘Daftarkan sekarang’. Lalu, tekan ‘Pelajari’ untuk menonton dua video singkat tentang Kurikulum Merdeka. Selanjutnya, pilih opsi awal implementasi Kurikulum Merdeka.

Pendaftaran Kurikulum Merdeka terbagi menjadi dua bagian dan dapat dilakukan di Platform Merdeka Mengajar. Setelah memahami secara singkat tentang pilihan model implementasi Kurikulum Merdeka, lakukan refleksi terhadap kondisi satuan pendidikan dan dapatkan rekomendasi opsi Kurikulum yang cocok untuk satuan pendidikan terkait.

Kemudian, pada halaman Pendaftaran Kurikulum Merdeka, tekan ‘Pilih’ di bagian Pilih opsi Implementasi Kurikulum Merdeka. Isi kuesioner kesiapan guru untuk merefleksikan kondisi satuan pendidikan dan dapatkan rekomendasi opsi implementasi Kurikulum Merdeka. Tekan ‘Lihat rincian hasil kuesioner’ untuk melihat detail hasil kuesioner yang telah diisi.

Selanjutnya, satuan pendidikan dapat memilih opsi implementasi Kurikulum Merdeka sesuai kondisi satuan pendidikan. Pilih opsinya, lalu tekan ‘Pilih dan selesaikan pendaftaran’. Perlu diingat, pilihan akhir opsi implementasi Kurikulum Merdeka tetap dikembalikan kepada masing-masing satuan pendidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3042 seconds (0.1#10.140)