Miris! Puluhan Siswa SD di Sikka NTT Nekat Terobos Sungai Banjir demi Sekolah

Kamis, 09 Februari 2023 - 00:59 WIB
loading...
Miris! Puluhan Siswa SD di Sikka NTT Nekat Terobos Sungai Banjir demi Sekolah
Perjuangan anak-anak SD di Sikka NTT untuk bersekolah, harus seberangi sungai tanpa jembatan. Foto/iNews/Joni Nura
A A A
SIKKA - Siswa SD Inpres (SDI) Blawuk Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) setiap hari harus bertaruh nyawa menerjang derasnya arus banjir Sungai Nanga Gete demi bisa bersekolah.

Puluhan siswa yang tinggal di Dusun Wailoke, Desa Baokremot, dan Dusun Muding Kampung Wairbou, Desa Watuomok, Kecamatan Talibura, NTT, ini harus melawan derasnya arus Sungai Nganga Gete untuk bisa menjalankan kewajibannya sebagai pelajar.



Hal ini terpaksa dilakukan karena tidak ada jembatan yang bisa dilewati untuk sampai ke sekolah. Mereka harus menyeberangi sungai tanpa bantuan apa pun dan harus membuka seragam serta sepatunya agar tidak basah.

Saat tiba di tepi sungai, mereka akan mengganti seragam sekolahnya dengan pakaian rumahan. Selanjutnya para siswa akan perlahan-lahan menyeberang derasnya arus sungai tersebut.

Selain itu, sebagian orang tua siswa pun terpaksa harus menggendong anak-anaknya untuk menyeberang melewati sungai.



"Setiap pagi harus berjalan kaki dari rumah dan menyeberangi kali. Kami tidak pakai sepatu dari rumah dan setelah menyeberangi kali, baru kami pakai sepatu. Kami harus pakai celana lain nanti baru seberang kali, ganti seragam sekolah agar bisa masuk sekolah," jelas Silvanus Kon, seorang siswa SDI Blawuk.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Sikkka segera membangun jembatan sehingga memudahkan ia dan teman-temannya pergi ke sekolah.

"Setiap hari kami pergi dan pulang sekolah menyeberang kali ini, sebenarnya takut, jika tiba-tiba banjir besar. Bahkan kalau sendiri nyeberang, kami tidak berani lewat," tambahnya.

Orang tua siswa juga mengaku setiap hari harus menyeberangkan anak-anak melewati sungai tersebut.

"Setiap pagi saya gendong anak-anak nyeberang kali, siang juga. Kondisi ini sudah berlangsung lama dan sudah berulang-ulang mengusulkan untuk pembangunan jembatan gantung, namun hingga saat ini belum ada respons," jelas Yoseph, orang tua siswa.

Kepala SDI Blawuk Martinus Roi Da Cunha juga berharap agar kondisi ini segera mendapat perhatian dari pemerintah dengan membangun jembatan gantung.

Karena dengan adanya jembatan gantung bisa membuat warga di dua kampung tersebut lebih mudah beraktivitas. Karena mereka setiap hari ke Dusun Blawuk.

Anak-anak sekolah di SD, SMP, maupun SMA yang tinggal di dua kampung ini bisa bersekolah seperti biasa.

Tidak adanya akses ke sekolah yang mudah membuat para pelajar sering tidak masuk sekolah atau terpaksa meliburkan diri karena mereka tidak bisa melewati sungai yang sedang banjir.

Para siswa juga berharap agar Presiden bisa melihat kondisi mereka dan bisa membangun jembatan gantung di wilayah mereka.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)