Penerima KIP Kuliah Ini Jadi Wisudawan Terbaik UHO, Raih IPK 3,91

Jum'at, 10 Februari 2023 - 11:11 WIB
loading...
Penerima KIP Kuliah Ini Jadi Wisudawan Terbaik UHO, Raih IPK 3,91
Ririn Gyantri Ashara Putri, penerima KIP Kuliah UHO Kendari lulus dengan menjadi wisudawan terbaik. Foto/Laman Puslapdik.
A A A
JAKARTA - Penerima KIP Kuliah di Universitas Halu Oleo ( UHO ) KendariRirin Gyantri Ashara Putri, lulus dengan menjadi wisudawan terbaik. Ririn pun sukses meraih IPK tertinggi di antara 1.330 wisudawan.

Keterbatasan finansial ekonomi keluarga tidak menghalangi semangat kuliah Ririn yang lahir tahun 2002 di Kecamatan Baruga, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ayahnya tidak mempunyai pekerjaan tetap. Kadang mencari uang sebagai tukang kayu atau pun tukang batu. Apapun pekerjaan halal ayahnya lakukan. Sementara ibunya berprofesi sebagai cleaning service.

Meski lahir dari keluarga tidak mampu, namun Ririn kecil tetap semangat sekolah dengan beragam beasiswa. Dia meraih beasiswa saat duduk di SDN 7 Baruga.

Ririn kemudian kembali mendapat Bantuan Siswa Miskin untuk menyelesaikan sekolah di SMP 12. Kemudian saat di SMK 6 Kota Kendari, dia mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Dikdasmen.

Baca juga: PT KAI Buka Rekrutmen Eksternal untuk Lulusan SLTA-S1, Cek Syarat dan Pendaftaran di Link

Adanya KIP Dikdasmen inilah menjadi tiket bagi Ririn untuk memperoleh bantuan biaya pendidikan tinggi Kemendikburistek yaitu Bidikmisi pada 2019 lalu. Diketahui, Bidikmisi beralih nama kini menjadi KIP Kuliah.

Dengan beasiswa Bidikmisi Ririn kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO Kendari dan mengambil jurusan Administrasi Bisnis.

"Orang tua saya tidak perlu lagi dibebani bayar UKT tiap semesternya, dan kebutuhan kuliah saya juga bisa terpenuhi, syukur Alhamdulillah," katanya, dikutip dari laman Puslapdik, Jumat (10/2/2023).

Bantuan biaya pendidikan sejak di bangku SMP hingga perguruan tinggi, siswa terbaik ke-2 se-SMK Kota Kendari itupun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk aktif berprestasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)