Daftar IISMA 2023 Yuk, Kuliah Gratis Satu Semester di Luar Negeri

Jum'at, 10 Februari 2023 - 14:34 WIB
loading...
Daftar IISMA 2023 Yuk, Kuliah Gratis Satu Semester di Luar Negeri
Deretan awardee IISMA. Beasiswa IISMA memberi kesempatan kuliah gratis satu semester di luar negeri. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) 2023 kembali dibuka. Beasiswa populer ini memberi mahasiswa Indonesia kesempatan belajar di perguruan tinggi luar negeri ternama selama satu semester.

Selama 4 hingga 6 bulan mahasiswa bisa merasakan pembelajaran di berbagai universitas terbaik dunia, mengenal, hingga menjelajahi negara dan budaya lain dibiayai langsung oleh pemerintah. Pendaftaran IISMA 2023 resmi dibuka pada 8 Februari sampai dengan 1 Maret 2023 mendatang.

Program IISMA dapat diikuti oleh mahasiswa program sarjana maupun vokasi dalam dua skema yang berbeda. IISMA sarjana dibuka bagi mahasiswa aktif jenjang S1 perguruan tinggi dalam negeri di bawah Kemendikbudristek yang sedang menempuh pendidikan di semester 4 atau 6 saat mendaftar.

Baca juga: IISMA 2023, Ini Syarat, Dokumen, dan Tips Jitu agar Lolos Seleksi

Sementara itu, IISMA vokasi dibuka bagi mahasiswa program Diploma 3 yang sedang menempuh pendidikan di semester 4 dan mahasiswa program Diploma 4 yang sedang menempuh pendidikan di semester 4 atau semester 6 di Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) di bawah naungan Kemendikbudristek.

Khusus untuk IISMA vokasi, mahasiswa akan mendapat paparan internasional di lingkungan akademik dan industri. Selain berkesempatan untuk belajar di perguruan tinggi luar negeri, variasi program berbasis vokasi memungkinkan mahasiswa berkegiatan di industri yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya menerangkan, melalui dua skema ini program IISMA dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa Indonesia pada keragaman akademik dan budaya internasional.

Selain itu, mahasiswa juga dapat mengembangkan jejaring internasional serta mengembangkan kemampuan untuk masa depan. “Manfaatkan kesempatan terbaik untuk mempersiapkan diri menjadi global leader,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (10/2/2023).

Hal senada disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kemendikbudristek, Kiki Yuliati pada acara sosialisasi yang berlangsung pada 31 Januari lalu.

Menurutnya, IISMA adalah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi global citizen dan mengenal dunia internasional serta memperkuat jejaring, keterampilan teknis (hard skills), dan keterampilan nonteknis (soft skills).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)