Kuota KIP Kuliah 2023 Terbatas, Daftar Secepatnya

Rabu, 15 Februari 2023 - 13:58 WIB
loading...
Kuota KIP Kuliah 2023 Terbatas, Daftar Secepatnya
Kuota KIP Kuliah itu terbatas sehingga tidak semua pendaftar akan memperoleh KIP Kuliah. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Kuliah 2023 sudah dibuka. Namun Kemendikbudristek meminta calon peserta untuk mendaftar secepatnya sebab kuota penerimanya terbatas.

Kepala Pusat Pelayanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Abdul Kahar mengajak lulusan SMA dan sederajat yang merasa layak untuk mendapat KIP Kuliah agar segera mendaftar sedini mungkin. Dia menekankan, peserta jangan menunggu di hari-hari terakhir masa pendaftaran.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka Hari Ini, Buruan Daftar

“Ini penting, sebab menjelang hari-hari terakhir masa pendaftaran, ada kemungkinan trafik jaringan membludak sehingga berpotensi terganggu sehingga berpotensi gagal atau tidak bisa submitt, karena itu lebih cepat mendaftar lebih baik,” katanya, dikutip dari laman Puslapdik Kemendikbudristek, Rabu (15/2/2023).

Abdul Kahar juga berpesan, bagi siswa yang ingin mendaftar maka sebelumnya harus mulai mencari informasi persyaratan mendaftar. Kemudian lengkapi segala persyaratan tersebut sehingga saat masuk ke sistem KIP Kuliah bisa segera selesai, tidak berulang-ulang.

Selanjutnya yang menjadi alasan pendaftaran KIP Kuliah harus dilakukan secepatnya, ujar Abdul Kahar, bahwa kuota KIP Kuliah itu terbatas sehingga tidak semua pendaftar akan memperoleh KIP Kuliah.

“Mungkin data-datanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan,tapi ada juga pertimbangan kelayakan, sehingga KIP Kuliah ini sifatnya kompetitif," terangnya.

Hal ini penting disadari para siswa pendaftar agar siap bersaing mengikuti kompetisi yang sehat.

Baca juga: Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka, Ini Linknya

“Ingat, KIP Kuliah menerima semua jalur SNPMB, seperti seleksi SNBP, atau UTBK-SNBT, juga ada jalur seleksi di perguruan tinggi swasta, bisa di perguruan tinggi akademik atau vokasi," jelasnya.

Diketahui, pendaftaran KIP Kuliah sudah dimulai kemarin. Pendaftaran beasiswa ini diawali dengan pembuatan akun siswa KIP Kuliah sejak 14 Februari 2023 hingga 31 Oktober 2023.

Untuk penerimaan mahasiswa baru di PTN, pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 mulai dibuka pada 16 Februari 2023 hingga 27 Februari 2023.

KIP Kuliah merupakan program pemerintah untuk memberi kesempatan pada murid seluruh Indonesia dari keluarga tidak mampu menikmati bangku pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan harapan, mereka akan memperoleh pekerjaan yang lebih baik setelah lulus dan dapat mengangkat status ekonomi dan sosial keluarganya di masa depan.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3103 seconds (0.1#10.140)