UGM Buka 91 Prodi untuk Mahasiswa Baru, Persaingan Masuk Ketat

Kamis, 16 Februari 2023 - 09:46 WIB
loading...
UGM Buka 91 Prodi untuk Mahasiswa Baru, Persaingan Masuk Ketat
UGM membuka 91 program studi (prodi) untuk calon mahasiswa baru pada tahun ini. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada ( UGM ) tidak hanya menjadi PTN terbaik namun termasuk PTN yang banyak diburu calon mahasiswa baru . Tahun ini UGM menyediakan 91 program studi yang terbuka ke dalam tiga jalur penerimaan.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Dr. Wening Udasmoro mengatakan, 91 jurusan itu terbagi atas 70 program studi Sarjana (S1) dan 21 untuk sarjana terapan (D4). 91 jurusan itu bisa dipilih di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan mandiri.

Wening menjelaskan, minat lulusan SMA dan sederajat untuk melanjutkan kuliah di kampus yang saat ini dipimpin oleh Rektor Ova Emilia ini terus meningkat setiap tahunnya. Selektivitas atau persaingan memperebutkan kursi, ujarnya, di setiap prodi yang ditawarkan pun relatif ketat.

Baca juga: Di Undip, Wakil Kepala BPIP Tekankan Pentingnya Amanat Pendidikan Soekarno

“Meski tingkat selektivitasnya berbeda-beda, namun semua prodi yang ada selalui ramai diperebutkan calon mahasiswa. Persaingannya relatif ketat,” ungkapnya.

Informasi terkait daya tampung prodi UGM secara total melalui SNBP, SNBT, dan Ujian Tulis bisa dilihat melalui laman https://um.ugm.ac.id/program-studi-dan-daya-tampung-sarjana-dan-sarjana-terapan/.

Sedangkan informasi mengenai selektivitas prodi UGM melalui seluruh jalur seleksi dapat dilihat di https://um.ugm.ac.id/selektivitas-sarjana-dan-sarjana-terapan/.

Selain itu data tentang daya tampung dan peminat prodi UGM jalur seleksi nasional untuk SNBP dan SNBT juga bisa dilihat melalui laman Kemdikbud yakni https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ .

Calon mahasiswa dapat mengakses laman tersebut lalu memilih menu Daftar PTN dan pilih Universitas Gadjah Mada.

Baca juga: Mukti Ali Ditetapkan sebagai Guru Besar Komunikasi Antarbudaya di UIN Salatiga

Dalam laman Sidata Kemdikbud menampilkan data daya tampung dan peminat dari tahun 2018-2022. Wening menjelaskan dalam data tersebut tercatat 21 prodi D4 UGM jumlah peminat kosong (-). Hal itu dikarenakan prodi tersebut merupakan prodi baru yang sebelumnya adalah D3 dan berubah menjadi D4 di tahun 2019 dan baru ikut serta dalam seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN) pada 2021.

Demikian halnya untuk prodi S1 ada tiga prodi yang tercatat jumlah peminatnya kosong dalam Sidata Kemdikbud. Pertama, Teknik Biomedis yang baru dibuka pada tahun 2020 sehingga data dalam Sidata Kemdikbud tercatat peminatnya kosong dalam data 2018-2019.

Lalu, prodi Ilmu Aktuaria baru dibuka pada tahun 2019 sehingga data Sidata Kemendikbud tercatat peminatnya kosong. Berikutnya, prodi Teknik Infrastruktur Lingkungan baru dibuka tahun 2022 sehingga jumlah peminat kosong dalam Sidata Kemdikbud tahun 2018-2022.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4244 seconds (0.1#10.140)