9 Kesalahan Fatal yang Bisa Gagalkan Kamu Lolos SNBP 2023

Jum'at, 17 Februari 2023 - 06:20 WIB
loading...
9 Kesalahan Fatal yang Bisa Gagalkan Kamu Lolos SNBP 2023
9 kesalahan fatal yang harus dihindari pada saat pendaftaran SNBP 2023 perlu disimak agar lolos di seleksi berdasarkan prestasi ini. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) telah dimulai sejak 14 Februari kemarin. Jalur penerimaan mahasiswa baru ini memang tanpa tes namun jika tidak hati-hati pada saat melakukan pendaftaran, bisa-bisa kalian gagal di jalur prestasi ini.

Pendaftaran SNBP akan ditutup pada akhir Februari ini. Kemudian pendaftar penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) jalur prestasi akademik ini akan menunggu pengumuman seleksinya yang akan diumumkan 28 Maret 2023.

SNBP tidak sama dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). SNBP menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan daftar siswa eligible yang diajukan sekolah masing-masing.

Meski tidak ada tes, namun jika tidak cermat dan teliti saat pendaftaran SNBP bisa-bisa kalian gagal sebelum berjuang di bangku kuliah. Kali ini, kalian harus baca 9 kesalahan fatal yang harus dihindari agar jalan menuju kalian ke PTN mulus sampai lulus melalui SNBP 2023, yang dikutip dari laman Ruang Guru.

Baca juga: HT dan Redaksi MNC Media Berdiskusi dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim

1. Kurang teliti mengisi data

Seluruh tahap pendaftaran SNBP sangat penting, mulai dari pembuatan akun SNPMB, pengisian PDSS, hingga proses pendaftaran SNBP. Sayangnya, masih banyak yang menganggap sepele tahap pengisian data diri ini. Akibatnya, data yang dicantumkan tidak valid.

Tahap pendaftaran SNBP dilakukan tidak hanya oleh siswa tetapi juga pihak sekolah. Maka dari itu, kamu dan sekolah harus saling berkoordinasi agar tidak terjadi kesalahan. Jangan menyerahkan seluruhnya kepada sekolah, kamu juga harus mencari tahu dokumen yang diperlukan dari sekarang. Sebelum melakukan verifikasi data di laman SNPMB, cek data diri kamu dengan detail mulai dari NISN, NPSN, nilai rapor, dan portofolio, sehingga tidak ada data yang salah.

2. Tidak memperhatikan informasi resmi

Jangan hanya terpaku dengan apa kata guru atau teman. Baca dari sumber atau informasi resmi dari laman atau media sosial SNPMB adalah hal yang tepat yang harus kalian lakukan saat mendaftar. Baca seksama ketentuan, syarat, tahapan pendaftaran, hingga jadwal SNBPnya. Informasi yang disediakan kanal Edukasi SINDOnews juga patut disimak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0926 seconds (0.1#10.140)