IUP Unair 2023 Telah Dibuka, Ini Persyaratan Dokumennya

Jum'at, 17 Februari 2023 - 07:00 WIB
loading...
IUP Unair 2023 Telah Dibuka, Ini Persyaratan Dokumennya
IUP (International Undergraduate Programmes) Unair 2023 telah dibuka untuk 10 bidang studi. Foto/Laman Unair.
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga (Unair) kembali membuka pendaftaran kelas internasional atau 10 International Undergraduate Programmes (IUP) untuk tahun akademik 2023/2024. 10 IUP 2023 dibuka untuk program studi Life Sciences And Medicine.

Adapun 10 bidang studi yang bisa dipilih mahasiswa kelas internasional ini adalah Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, dan Farmasi. Kemudian, enam program studi Social Science, yakni Psikologi, Hukum, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Islam, dan Ekonomi Pembangunan.

Baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun mahasiswa asing bisa mendaftar ke IUP Unair. Setelah menyelesaikan IUP, mahasiswa bisa mendapat gelar sarjana dari Unair dan dari mitra di luar negeri apabila juga mengambil program Double Degree.

Baca juga: 21 Universitas di Australia Tujuan LPDP, Lengkap dengan Bidang Studinya

Lulusan dari program kelas internasional Unair ini, adalah keterampilan pemecahan masalah, strategis dan analitis, berpikir kreatif, dan termasuk mengembangkan ide-ide baru.

Untuk mendaftar International Undergraduate Programmes, perlu beberapa dokumen seperti sertifikat kelulusan, hasil uji kemahiran berbahasa Inggris, portofolio, serta Letter of Motivation and Commitment.

Beberapa studi IUP seperti bidang Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, dan Farmasi memiliki persyaratan khusus. Yakni, calon peserta berasal dari jurusan sains serta bebas dari buta warna.

Informasi pendaftaran IUP ada pada situs IUP Unair. Unair membuka pendaftaran dibuka sejak 16 Januari hingga 23 Maret 2023. Peserta terlebih dulu membuat akun pendaftaran mahasiswa baru Unair.

Baca juga: UNS Akomodir Portofolio Prestasi di Jalur SNBP 2023

Jadwal penerimaan mahasiswa baru IUP, yaitu verifikasi dokumen registrasi, masa revisi dokumen, serta pembayaran biaya pendaftaran dibuka sejak 16 Januari hingga 24 Maret 2023. Pengumuman tes administrasi serta pelaksanaan tes potensi akademik pada 27 dan 29 Maret 2023. Sedangkan pengumuman terakhir pada 1 April 2023.

Sementara itu, sebanyak 10 IUP telah terakreditasi internasional seperti AUN-QA, ABEST21, ASIIN, dan FIBAA. Dengan akreditasi itu, UNAIR berkomitmen untuk unggul di bidang akademik serta tinggi dalam standar moral.

Pada Maret mendatang, Airlangga Global Engagement (AGE) sedang melakukan inventarisasi dan evaluasi terhadap program internasional Unair, termasuk International Undergraduate Programmes tersebut. Direktur AGE Iman Harymawan menyatakan tengah memetakan kendala dan solusi tiap program internasional milik Unair.

“Apakah sudah saatnya kita perkembangan atau kita kuatin dulu yang ada,” ujarnya, dikutip dari laman Unair, Jumat (17/2/2023).
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3056 seconds (0.1#10.140)