Rekomendasi 7 Jurusan IPS yang Cocok untuk Wanita, Gajinya Tinggi

Senin, 20 Februari 2023 - 12:27 WIB
loading...
Rekomendasi 7 Jurusan IPS yang Cocok untuk Wanita, Gajinya Tinggi
Berikut ini 7 jurusan kuliah IPS yang cocok untuk wanita yang menjanjikan gaji tinggi. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - 7 jurusan kuliah IPS ini memiliki peluang kerja menjanjikan gaji tinggi. Jurusan ini juga dinilai cocok dipilih bagi wanita untuk menjamin masa depan cerah usai lulus nanti.

Calon mahasiswa baru akan menemui kondisi yang mengharuskan mereka memilih jurusan yang cocok untuk menempuh studi di perguruan tinggi nanti.

Pemilihan jurusan kuliah pun harus dilakukan secara cermat. Hal yang harus diutamakan adalah pilihlah jurusan yang sesuai minat dan bakat masing-masing calon mahasiswa.

Berkonsultasi dengan orang tua atau guru bisa dilakukan untuk mendapat pencerahan. Namun jangan sampai memilih jurusan karena diminta orang tua, guru, atau sekedar ikut-ikutan teman. Ikuti saja kata hatimu.

Kali ini, berikut informasi sejumlah jurusan kuliah IPS yang dapat menjamin masa depan perempuan. Di tengah pembatasan gender yang berangsur hilang, kaum perempuan juga bisa menekuni lebih banyak profesi, bahkan yang didominasi oleh laki-laki sekali pun.

Baca juga: Pengisian PDSS 2023 Diperpanjang, Segera Lakukan Finalisasi

Berikut tujuh jurusan kuliah IPS yang dapat menjamin masa depan perempuan, seperti yang dikutip dari laman Quipper.

1. Ilmu Hubungan Internasional

Jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI) menjadi saah satu jurusan yang banyak diminati oleh mahasiswa baru. Bagi kalian yang ingin menjadi diplomat, jurusan ini bisa membawamu ke sana.

Tahukah kalian bahwa Menteri Luar Negeri Retno Marsudi adalah lulusan Ilmu Hubungan Internasional UGM? Retno adalah alumni HI UGM angkatan 1981. Fakta inipun semakin meyakini bahwa jurusan HI ini cocok untuk wanita.

Selain menjadi duta besar, staf kedutaan, kalian pun bisa menjadi staf ahli, jurnalis, goverment relation officer, hingga konsultan internasional.

2. Ilmu Komunikasi

Umumnya sebagai wanita kalian akan lebih luwes dan peka ketika menjalin pergaulan karena memang memiliki naluri komunikasi yang baik. Inilah yang membuat Jurusan Ilmu Komunikasi sangat cocok untuk dipilih untukmu. Beberapa konsentrasi studi yang bisa dipilih adalah Marketing, Advertising, Broadcasting, dan lainnya.

3. Tata Boga

Wanita dinilai cocok untuk masuk jurusan ini karena memiliki ketelatenan tinggi dan memiliki talenta bermasak lebih dibandingkan pria.

Bagi kalian yang ingin mengasah talenta ini maka masuklah ke Jurusan Tata Boga bisa. Jurusan ini akan mengajarkan kamu berbagai teknik memasak sekaligus menyajikan makanan baik itu makanan khas Indonesia juga mancanegara.

Baca juga: Jurusan Unesa dengan Peminat Tertinggi hingga Terendah 2022, Peluang Lolos Besar di 2023

4. Akuntansi

Pada jurusan ini kalian akan mempelajari materi yang terkait dengan penyusunan dan pencatatan laporan keuangan. Pencatatan ini akan sangat dibutuhkan dan berguna untuk pengambilan keputusan terkait keuangan di berbagai instansi atau lembaga, dan perusahaan.

Kenapa Akuntansi cocok dipilih oleh wanita? Karena perempuan sering dianggap lebih teliti dalam menghitung keuangan daripada laki-laki. Faktor ketelatenan pada wanita inilah yang diyakini berkontribusi mengapa Akuntansi cocok dipilih wanita.

5. Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa Inggris dari segi sastra yang lebih mendalam, dan juga dari segi linguistiknya.

Sehingga mahasiswa tidak hanya mempelajari karya sastra namun juga berbagai macam kebudayaan dari berbagai negara dengan bahasa Inggris.

Lulusan Sastra Inggris juga memiliki prospek yang bagus di antaranya kamu bisa menjadi penerjemah lisan, eksportir, guru bahasa asing, bagian tata usaha perdagangan luar negeri, dan penerjemah tulisan atau translator.

Kalian juga bisa menjadi konsultan pendidikan, staf maskapai penerbangan, concierge hotel, tour guide, public relations, jurnalis, dosen, editor, dan juga sastrawan.

6. Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (SD)

Kedua jurusan ini juga termasuk jurusan IPS yang cocok untuk wanita, apalagi jika kalian bercita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa sejak usia dini.

Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) adalah jurusan yang mempelajari banyak hal terkait dengan cara mengajar, membimbing, dan mendidik anak usia dini. Lulusannya bisa menjadi guru taman kanak-kanal atau dosen.

Sementara Jurusan PGSD akan membekali ilmu dalam hal bagaimana mendidik siswa dan siswi di sekolah dasar.

7. Sekretaris

Di jurusan ini kamu akan belajar mengenai kemampuan komunikasi secara lisan dan tulisan. Selain itu, juga akan belajar beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, dan bahasa Mandarin.

Tujuan belajar bahasa asing adalah agar ketika bekerja, mampu berhadapan dengan client dari luar Indonesia. Oleh karena itu, kamu juga harus memiliki wawasan bahasa yang mumpuni.

Nah itulah tadi tujuh jurusan IPS yang cocok untuk wanitayang menjanjikan gaji tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)