Ini 3 Faktor yang Menentukan Kelulusan Siswa di SNBP 2023

Selasa, 21 Februari 2023 - 09:26 WIB
loading...
Ini 3 Faktor yang Menentukan Kelulusan Siswa di SNBP 2023
Perhatikan 3 faktor yang dinilai sangat menentukan kelulusan siswa di SNBP 2023. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni (AMA) Universitas Airlangga ( Unair ) Prof Dr Bambang Sektiari Lukiswanto menyampaikan 3 faktor yang menentukan kelulusan siswa di SNBP 2023. SNBP merupakan jalur prestasi untuk masuk PTN.

Prof Bambang mengatakan, pada 2023 seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN telah terintegrasi di bawah panitia pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Sedangkan sebelumnya, pelaksana penerimaan adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di bawah majelis rektor.

Selain itu, dia mengimbau kepada guru bimbingan konseling untuk mengarahkan siswa dan siswinya agar memilih program studi atau jurusan dengan matang.

Baca juga: Sekolah Diminta Segera Mengisi PDSS, Pendaftaran SNBP Terakhir 28 Februari

Sebab, ujar Prof Bambang, peluang penerimaan jalur SNBP itu bergantung pada:

1. Kesesuaian prestasi dengan program studi pilihan
2. Ranking siswa di sekolah
3. Indeks sekolah

”Maka, ranking siswa dan ranking nasional dari sekolah itu sangat menentukan,” terangnya, dikutip dari laman Unair, Selasa (21/2/2023).

Untuk lebih sederhananya, dia memberikan ilustrasi dengan ribuan calon mahasiswa baru yang mendaftar fakultas Kedokteran. Jika setelah seleksi berdasar ranking pertama masih menyisakan 500 calon mahasiswa, katanya, maka otomatis akan penyaringan akan kembali berdasar indeks sekolah.

Baca juga: Daftar Perguruan Tinggi yang Menyediakan Program D-IV di SNBP 2023

Pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), lanjut Prof Bambang, siswa yang memiliki ranking kesatu di sekolahnya memiliki peluang besar untuk diterima. Namun, tegasnya, hal itu tidak menjamin bahwa ranking satu akan lolos. “Yang menentukan adalah ranking sekolah,” ucapnya.

Pada sosialisasi Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan SNBP Sekretaris Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair Badruz Zaman menjelaskan, periode pendaftaran golden ticket dibuka mulai 17 Februari hingga berakhirnya pendaftaran SNBP 2023.

Adapun tiga syarat untuk bisa mendaftar golden ticket. Pertama, mengikuti acara Airlangga Education Expo 2023. Kedua, telah mendaftar SNBP dan UNAIR sebagai pilihan pertama serta terakhir memiliki prestasi luar biasa.

“Itu misalnya, prestasi olimpiade sains tingkat provinsi atau tingkat nasional atau bahkan tingkat internasional yang terkait kepada program studi tertentu,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2973 seconds (0.1#10.140)